Kemenhub: 14 Juta Orang Gunakan Kereta untuk Berpergian saat Nataru

Andi M. Arief
21 Desember 2023, 15:51
nataru, kereta, kai
ANTARA FOTO/Hreeloita Dharma Shanti/sgd/tom.
Ilustrasi. Kemenhub memperkirakan, 13% orang yang. berpergiaan saat Nataru akan menggunakan kereta.

Kementerian Perhubungan memperkirakan, terdapat 14 juta orang yang akan berpergian menggunakan kereta api selama momentum libur Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 atau Nataru. Total penumpang KAI per 19 Desember 2023 telah naik 41,56% secara tahunan mencapai 162.000 orang dan diperkirakan  memuncak pada 22-23 Desember 2023.

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi mengatakan, jumlah pengguna kereta selama momen Nataru tersebut mencapai 13% dari perkiraan total pergerakan penumpang transportasi massal pada akhir tahun.

"Kita di sektor transportasi sebagai pendukung sektor ekonomi, pariwisata, dan lainnya harus secara detail mempersiapkan dengan baik terkait ketepatan waktu, pelayanan prima, serta mengantisipasi adanya gangguan keamanan,” kata Budi dalam keterangan resmi, Kamis (21/12).

Budi mengatakan, kenaikan penumpang kereta api menandakan pertumbuhan ekonomi di dalam negeri. Ia sebelumnya memperkirakan, total pergerakan masyarakat pada libur Nataru akan naik 143% secara tahunan. Jumlahnya mencapai 107,63 juta orang.

Menurut Budi, sebagai besar atau 45,29% masyarakat yang berpergian selama Nataru bertujuan mengunjungi tempat wisata.  Kendaraan pribadi masih mendomonasi pilihan masyarakat. Sebanyak 35% pelancong memakai mobil pribadi dan sepeda motor 17%.

"Berkaitan dengan keselamatan, penggunaan sepeda motor sebanyak 17% ini bukan jumlah yang sedikit," kata Budi dalam rapat kerja bersama Komisi V DPR pada 21 November lalu.

Di sisi lain, PT Jasa Marga Tbk memproyeksi total kendaraan yang meninggalkan Jakarta, Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi (Jabodetabek) saat periode musim Natal 2023 dan Tahun Baru 2024 alias Nataru mencapai 2,88 juta unit. Angka tersebut naik 14,1% dibandingkan volume lalu lintas pada hari normal.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...