Jalan Tol Akses Makassar New Port Mulai Operasional 2 Januari 2024

Lona Olavia
30 Desember 2023, 08:32
Jalan Tol Akses Makassar New Port Mulai Operasional 2 Januari 2024
ANTARA FOTO/Abriawan Abhe/foc.
Pekerja beraktivitas di lokasi proyek jalan akses tol Makassar New Port (MNP) di Makassar, Sulawesi Selatan, Rabu (16/11/2022).

Jalan tol akses Makassar New Port (MNP) sebagai salah satu proyek strategis nasional akan difungsikan mulai Selasa, 2 Januari 2024.

Hal itu usai memenuhi persyaratan fungsional dari Bina Marga dan Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT) Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR).

Direktur Utama PT Makassar Metro Network (MMN) Ismail Malliungan mengatakan, pengguna tol dari arah Pelabuhan Lama dan Bandara Sultan Hasanuddin International Airport, serta Kawasan Industri Makassar (KIMA) yang menuju ke pelabuhan baru Makassar New Port dapat langsung merasakan manfaat dari proyek ini.

“Kemacetan di wilayah akses keluar jalan tol di Jalan Teuku Umar sering terjadi, yang disebabkan banyaknya truk angkutan logistik yang parkir di pinggir jalan untuk proses bongkar muat," ujarnya dikutip dari Antara, Sabtu (30/12).

Menurut Ismail, hadirnya jalan akses tol MNP ini dapat menjadi solusi dalam mengurai kemacetan di wilayah tersebut. Dibangun sepanjang 3,2 kilometer, proyek pembangunan Tol MNP sepenuhnya selesai dan telah dilakukan uji layak fungsi oleh kementerian dan badan terkait sehingga dapat segera difungsikan.

Dalam upaya semakin meningkatkan keamanan dan keselamatan bagi pengguna jalan, Tol MNP dibangun dengan menerapkan standar yang sesuai dengan Standar Pelayanan Minimal, serta menyediakan ruang bebas.

Halaman:
Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...