Kaleidoskop 2023: Operasional Whoosh dan LRT hingga PHK Massal

Agustiyanti
31 Desember 2023, 19:05
kereta cepat, whoosh, LRT jabodebek
Humas Kemenhub
Kereta Cepat Jakarta-Bandung (KCJB) mulai beroperasi secara komersial pada 18 Oktober 2023.

Kereta cepat Jakarta-Bandung atau Whoosh dan LRT Jabodetabek yang mulai beroperasi beserta permasalahannya hingga lonjakan harga pangan menjadi sorotan publik sepanjang 2023. Berikut rangkuman peristiwa yang terjadi di sektor transportasi, infrastruktur, dan industri pada tahun ini:

Operasional Kereta Cepat Whoosh dan LRT Jabodebek dan Permasalahannya

Dua transportasi massal yang ditunggu-tunggu dan menghabiskan anggaran triliunan rupiah akhirnya beroperasi pada tahun ini. Kereta cepat Whoosh mulai beroperasional secara komersial pada 18 Oktober 2023 setelah melalui serangkaian uji coba publik, sedangkan LRT Jabodebek beroperasi lebih dulu pada 18 Agustus 2023. 

Kereta Cepat Whoosh mengangkut lebih dari satu juta penumpang dalam dua bulan, sedangkan jumlah penumpang LRT Jabodebek menembus 1,4 juta pada bulan pertama operasionalnya. Meski demikian, operasional kedua transportasi canggih ini bukan tanpa masalah. 

Masalah yang pernah dihadapi Whoosh, antara lain tertinggalnya 31 penumpang karena keterlambatan kedagangan KA feeder, gangguan perjalanan karena orang tak dikenal memanjat dinding penghalau kebisingan. hingga atap stasiun bocor. Sementara itu, masalah yang dihadapi LRT Jabodebek, antara lain roda kereta yang aus, waktu tunggu yang lama, hingga atap stasiun bocor.

Lonjakan Harga Pangan

Sebagian besar harga pangan melonjak, terutama menjelang akhir tahun. Kenaikan terjadi pada harga beras, cabai merah keriting, cabai rawit merah, bawang putih, gula, dan telur ayam.

Harga cabai naik paling tinggi hampir mencapai 50% sepanjang tahun ini. Rata-rata harga cabai merah kriting per 31 Desember 2023 mencapai Rp 54.990 per kg, sedangkan harga cabai rawit merah Rp 74.990 per kg. Harga cabai merah kriting dan cabai rawit merah bahkan menyentuh di atas Rp 100 ribu per kg di beberapa daerah. 

Lonjakan harga juga terjadi pada bawang putih yang mencapai 42% menjadi Rp 37.950 per kg. Harga  beras medium juga tercatat naik mencapai 22% sepanjang tahun ini menjadi Rp 13.190 per kg. Demikian pula harga gula yang naik dari Rp 14.280 per kg pada akhir tahun lalu menjadi Rp 17.310 per kg.

Presiden Joko Widodo sebelumnya menyebut, terdapat banyak tantangan yang menyebabkan kenaikan harga pangan. Selain akibat dampak El Nino yang berpengaruh pada hasil produksi, sejumlah negara juga membatasi ekspor pangan.  

PHK Massal

Sejumlah perusahaan pada tahun ini melakukan pemutusan hubungan kerja atau PHK massal. Mengutip situs Kemenaker, PHK massal adalah pemutusan hubungan kerja terhadap 10 (sepuluh) orang pekerja atau lebih pada satu perusahaan dalam satu bulan. 

PHK massal, antara lain dilakukan oleh PT Nestle sebanyak 126 karyawan, GoTo sebanyak 1.900 karyawan yang terbagi dalam dua gelombang pada Maret dan November, Shopee sebanyak 200 karyawan, Waskita Karya sebanyak 500 karyawan, serta Net TV sebanyak 30% dari total karyawan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...