Harga Beras Naik, Bulog: Karena Panen dan Produksi Beras Terlambat

Andi M. Arief
29 Januari 2024, 14:47
beras
ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/rwa.
Pedagang menawarkan beras kepada calon pembeli di Pandeglang, Banten, Kamis (25/1/2024). Menurut pedagang beras di daerah itu, dalam sepekan terakhir harga beras naik dari Rp13 ribu menjadi Rp15 ribu per kilogram untuk kualitas premium, sementara untuk kualitas medium naik dari Rp11 ribu menjadi Rp14 ribu per kilogram yang disebabkan berkurangnya pasokan beras di pasaran.
Button AI Summarize

Badan Pangan Nasional (Bapanas) mendata harga beras melanjutkan tren kenaikan sepanjang Januari 2024. Perum Bulog mengungkapkan, neikan harga tersebut disebabkan oleh keterlambatan panen, produksi beras lokal serta defisitnya neraca beras.

Direktur Utama Bulog Bayu Krisnamurthi mengatakan, bantuan pangan dan program Stabilisasi Pasokan dan Harga Pangan atau SPHP telah berhasil meredam inflasi beras pada tahun lalu. Namun bantuan pangan pada Januari 2024 belum berjalan penuh lantaran terkendala proses verifikasi.

Bayu menjelaskan, bahwa proses tersebut merupakan sesuatu yang wajar untuk pemutakhiran data penerima bantuan pangan. Walau demikian, dia menekankan bahwa proses belum berjalan sepenuhnya karena bukan disebabkan bantuan pangan tapi harga beras konsisten naik sepanjang awal 2024.

"Faktor utama kenaikan harga beras masih sama, yakni keterlambatan tanam yang berakibat keterlambatan panen dan produksi," kata Bayu kepada Katadata.co.id, Senin (29/1).

Berdasarkan data Bapanas, rata-rata harga beras premium nasional mencapai Rp 15.360 per kilogram pada Senin (29/1), atau naik Rp 420 per kg secara tahun berjalan. Sementara itu, harga beras medium naik Rp 320 secara tahun berjalan menjadi Rp 13.440 per kg.

Bayu mencatat, neraca beras nasional akan defisit hingga 2,7 juta ton pada Januari-Februari 2024. Oleh karena itu, pihaknya berencana untuk mempercepat proses verifikasi data untuk merampungkannya pada akhir bulan ini.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...