Rusun dan Jalan Tol IKN Nusantara DItargetkan Beroperasi Agustus 2024

Andi M. Arief
2 Februari 2024, 17:13
Jalan Tol IKN Tahap I, Kalimantan Timur.
Foto: Dokumentasi KemenPUPR
Jalan Tol IKN Tahap I, Kalimantan Timur.
Button AI Summarize

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) mencatat perkembangan konstruksi Ibu Kota Negara atau IKN Nusantara Tahap I telah mencapai 71%. Sebagian proyek tersebut adalah Istana Presiden, Kantor Presiden, dan Jalan Tol Akses IKN.

Ketua Satuan Tugas Pelaksanaan Pembangunan Infrastruktur IKN Danis H Sumadilaga mengatakan konstruksi rumah susun aparatur sipil negara telah mencapai sekitar 20%. Lalu, pengerjaan 36 unit rumah dinas menteri telah mencapai 72%.

"Kami berencana membangun 47 menara rusun ASN (aparatur sipil negara), tapi ada 12 menara rusun yang jadi prioritas. Targetnya, 12 menara rusun rampung pada Juli 2024 dengan kapasitas tampung lebih dari 2.000 ASN," kata Danis di Kementerian PUPR, Jumat (2/2).

Seluruh ASN tersebut akan bekerja di 14 gedung kementerian koordinator. Mereka yang dimutasi ke IKN akan bekerja dalam kantor berkonsep shared office.  Seluruh gedung kementerian yang rampung pada Juli 2024 tersebut juga akan diisi Badan Intelijen Nasional (BIN).

Untuk jalan tol, pemerintah menargetkan hanya satu jalur yang dapat beroperasi pada Agustus 2024. Jalan ini terdiri dari dua jalur, dengan masing-masing hanya satu lajur. 

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Sorta Tobing
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...