Bos Freeport: Smelter Manyar Rampung Mei, Mulai Produksi Agustus 2024

Mela Syaharani
3 Februari 2024, 13:01
smelter, freeport, tembaga,
ANTARA FOTO/Rizal Hanafi/Zk/aww.
Sejumlah pekerja menyelesaikan pembangunan proyek Smelter Freeport di kawasan Java Integrated and Industrial Port Estate (JIIPE), Gresik, Jawa Timur, Kamis (2/2/2023).
Button AI Summarize

PT Freeport Indonesia (PTFI) melaporkan kemajuan pembangunan smelter tembaga kedua mereka di kawasan Java Integrated Industrial and Port Estate (JIIPE), Manyar, Gresik, Jawa Timur, telah mencapai 90,6% pada akhir 2023.

“Puji tuhan Alhamdulillah kami bisa mencapai sesuai dengan target dalam s-curve yang disepakati dengan pemerintah yaitu targetnya 90%. Namun kami bisa mencapai 90,6%,” kata Presiden Direktur Freeport Tony Wenas dalam Mining Outlook 2024 yang dipantau secara daring pada Jumat (2/2).

Meski sudah melampaui target yang ditetapkan, Tony menyebut pihaknya tengah berusaha agar konstruksi smelter ini bisa selesai pada Mei 2024. “Four months to go, jadi kami sedang berusaha sekeras mungkin untuk bisa mencapai 100% untuk smelter tembaganya dan mulai melakukan startup engine on, ignition on,” ujarnya

Guna melakukan engine on ini Tony menyebut dibutuhkan waktu antara 6-10 minggu. “Untuk memastikan bahwa seluruh smelter furnace oksigennya berfungsi dengan baik. Kemudian bagian elektrolisisnya berfungsi dengan sangat baik, baru mulai kita masukkan konsentrat tembaganya,” ucapnya.

Usai memastikan seluruh komponen aman, Tony menyebut langkah selanjutnya yakni mulai memproduksi katoda tembaga pada sekitar Agustus 2024.

“Jadi dibutuhkan waktu 6-10 minggu. Supaya kami bisa pastikan nanti jangan sampai ada kebocoran-kebocoran dan lain sebagainya. Tapi semuanya akan completed Mei 2024 dan sudah bisa in operation, ignition on, engine on,” kata dia.

Halaman:
Reporter: Mela Syaharani
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...