Menperin Targetkan 95% Proyek BUMN Gunakan Produk Dalam Negeri

Ferrika Lukmana Sari
12 Februari 2024, 17:31
BUMN
Situs Kementerian Perindustrian
Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita menargetkan 95% proyek yang dimiliki Badan Usaha Milik Negara (BUMN) harus menggunakan produk dalam negeri.

Ini merupakan target yang diberikan oleh Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) untuk mengoptimalkan program Peningkatan Penggunaan Produk Dalam Negeri (P3DN) pada tahun 2024.

Advertisement

“Target 95% pada 2024 untuk seluruh anggaran APBN dan APBD, serta proyek BUMN 95% harus berasal dari produk dalam negeri. Itu target dari Presiden Jokowi,” kata Agus dikutip dari Antara, Senin (12/2).

Ia menyampaikan, bahwa target tersebut bertujuan untuk menghidupkan industri dalam negeri dengan menggunakan anggaran yang ada di kementerian dan lembaga (K/L), serta BUMN.

Dia menilai, target yang diberikan oleh Jokowi sudah sesuai. Karena, industri pengolahan menjadi sektor utama bagi pembangunan dan merupakan kontributor terbesar bagi perekonomian Indonesia.

“Maka tidak salah kalau pemerintah tetapkan target sangat tinggi, karena anggaran belanja dari kementerian, lembaga, Pemda, serta BUMN. Itu semua berasal dari uang rakyat, dari pajak. Sehingga akan lebih baik penyerapan atau belanja juga diarahkan ke produk-produk dalam negeri yang membawa manfaat bagi masyarakat,” katanya.

Industri Otomotif Diminta Produksi Truk Tambang

Agus juga meminta industri otomotif Indonesia untuk memproduksi truk tambang yang sesuai dengan kondisi tambang di tanah air. Pelaku industri bisa memulai dengan membuat rincian perakitan (assembly) yang memiliki spesifikasi sesuai dengan kondisi pertambangan di Indonesia.

Halaman:
Reporter: Ferrika Lukmana Sari
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement