KAI: Perjalanan Kereta Memutar Lewat Selatan Akibat Banjir Semarang

Image title
Oleh Antara
14 Maret 2024, 10:54
semarang, banjir semarang, semarang banjir, banjir di semarang, kereta
ANTARA/I.C. Senjaya
Banjir merendam Stasiun Tawang Semarang, Kamis (14/2).
Button AI Summarize

PT KAI mengalihkan layanan naik dan turun penumpang di Stasiun Semarang Tawang menyusul banjir yang melanda Semarang sejak Rabu (13/3). Sedikitnya 15 rangkaian KA lintas utara harus memutar lewat jalur selatan akibat banjir di Ibu Kota Jawa Tengah tersebut. 

Manajer Humas PT KAI Semarang Farnoto Wibowo mengatakan, banjir mengakibatkan aktivitas perkeretaapian di Stasiun Tawang terganggu. Banjir menggenangi kawasan lobi penumpang serta rel di appron tempat naik turun penumpang.

"Calon penumpang diminta datang ke Stasiun Poncol sesuai jadwal yang tertera pada tiket," ujar Farnoto pada Kamis (14/3), seperti dikutip dari Antara. 

Manajer Humas KAI Daerah Operasi 5 Purwokerto Feni Novida Saragih mengatakan, sedikitnya 15 rangkaian KA lintas utara memutar lewat jalur selatan akibat banjir yang menggenangi tiga petak jalan di Daop 4 Semarang.

​"Tiga petak jalan yang tergenang banjir meliputi Semarang Tawang Bank Jateng-Alastua, Semarang Tawang Bank Jatent-Semarang Poncol, dan Mangkang-Kaliwungu," kata Feni.

Ia menjelaskan, tinggi genangan air di tiga petak jalan tersebut bahkan mencapai lebih dari 10 centimeter di atas kop rel pada Kamis (14/3), pukul 00.30 WIB. Hal ini membuat jalur tidak memungkinkan untuk dilewati kereta api.

Dia mengatakan, KAI telah menerapkan pola operasi perjalanan kereta api memutar terhadap KA-KA lintas utara Jawa untuk dialihkan melalui jalur selatan dengan melewati stasiun-stasiun di wilayah PT KAI Daop 5 Purwokerto.

Halaman:
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...