Kemenhub: Bus Rosalia Indah yang Terguling di Tol Batang Layak Jalan

Muhamad Fajar Riyandanu
12 April 2024, 19:44
rosalia indah, bus rosalia indah terguling
ANTARA/HO-Jasa Raharja
Direktur Utama Jasa Raharja Rivan A Purwantono (kiri) ketika meninjau lokasi kecelakaan bus Rosalia Indah di KM 370A Tol Batang–Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/4/2024).
Button AI Summarize

Kementerian Perhubungan menyebut, kondisi unit bus Rosalia Indah sebelum terguling di Jalan Tol Semarang-Batang pada Kamis (11/4) masih layak jalan. Hal ini merujuk pada hasil inspeksi Kemenhub berdasarkan sertifikasi uji kendaraan bermotor alias kir.

Juru Bicara Kemenhub Adita Irawati mengatakan, bus Rosalia itu masih memiliki sertifikasi uji kir yang berlaku sehingga layak berkendara. "Dari hasil inspeksi kami, bus Rosali itu secara sertifikasi dan kelayakan masih hidup uji KIR-nya. Nanti seperti apa hasilnya, kita tunggu dari pihak kepolisian," kata Adita kepada Wartawan di Bandara Soekarno-Hatta, Tangerang, Jumat (12/4).

Ia mengatakan,  Kemenhub  masih terus berkoordinasi dengan pihak Kepolisian untuk menangani kecelakaan lalu lintas tersebut. Kepolisian saat ini telah menetapkan sopir Rosalia Indah sebagai tersangka dalam kejadian yang menewaskan tujuh orang tersebut. "Karena ini kecelakaan lalu lintas, semua di pihak kepolisian. Kami tentu berkoordinasi," ujar Adita.

Perusahaan Otobus (PO) Rosalia Indah sebelumnya buka suara terkait kecelakaan maut yang menewaskan tujuh orang di ruas tol Batang-Semarang, Jawa Tengah, Kamis (11/4) pagi. PO Rosalia Indah melakukan penyelidikan internal atas insiden kecelakaan saat hari kedua lebaran itu.

Asisten Manajer Marketing Rosalia Indah Yofie Aganovic mengatakan, perusahaan juga bekerja sama dengan kepolisian dalam mengusut penyebab kecelakaan. “Kami bekerja sama erat dengan pihak terkait untuk menyelidiki penyebab kecelakaan, termasuk juga melakukan penyelidikan di internal,” kata Yofie dalam keterangannya, Jumat (12/4).

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...