Daftar Bandara Terbaik Dunia: Soetta Peringkat 28, Lebih Baik dari KL

Agustiyanti
19 April 2024, 10:37
bandara soetta, bandara, bandara terbaik dunia
ANTARA FOTO/Muhammad Iqbal/foc.
Calon penumpang berjalan untuk lapor diri di selasar Terminal 3 Bandara Soekarno Hatta, Tangerang, Banten, Selasa (20/9/2022). Bandara Soetta masuk dalam 30 besar bandara terbaik dunia versi Skytrax.
Button AI Summarize

Perusahaan konsultan penerbangan berbasis di Inggris, Skytrax merilis daftar bandara terbaik di dunia 2024. Bandara Internasional Hamad di Qatar menempati posisi pertama, disusul Bandara Changi di Singapura dan Incheon di Seoul, Korea Selatan.

Lantas bagaimana dengan Bandara Soekarno Hatta?

Bandara Soetta mendapatkan peringkat ke-28. Peringkat bandara terbesar di Indonesia ini melesat dibandingkan peringkat tahun lalu yang menempati posisi ke-43. Peringkat Bandara Soetta juga jauh di atas  Bandara Kuala Lumpur di peringkat 71 maupun Suvarnabumi, Bangkok di posisi 58.

Direktur Utama AP II Agus Wialdi mengatakan peringkat 28 dunia adalah posisi tertinggi Bandara Soetta sepanjang sejarah. "Kami berterima kasih kepada seluruh pihak yang telah membawa Bandara Soekarno-Hatta berada di peringkat terbaiknya, yakni peringkat 28 dunia dan peringkat 5 untuk kategori bandara dengan jumlah penumpang 60 juta-70 juta penumpang per tahun," ujar Agus.

Pencapaian tersebut, menurut dia,  memenuhi target AP II  yang sebelumnya mencanangkan Bandara Soetta bisa menembus 30 besar peringkat terbaik dunia.

Dalam daftar bandara terbaik 2024 kategori 60 juta-70 juta penumpang per tahun (Best Airports 2024: 60 to 70 Million Passengers), Bandara Soetta bercokol di peringkat 5 dunia.

Daftar bandara terbaik dunia itu ditetapkan Skytrax melalui asesmen terhadap sekitar 500 bandara di dunia serta melibatkan pelanggan yang berasal dari lebih dari 100 negara untuk menilai 44 titik pelayanan di bandara.

Agus menuturkan keberhasilan Bandara Soetta juga terkait dengan program transformasi Bandara Soetta yang dijalankan pada 2023.  Menteri BUMN Erick Thohir pada tahun lalu  membentuk Tim Percepatan Transformasi Pelayanan, Bisnis, dan Operasi di Bandar Udara Internasional Soekarno-Hatta.

Fokus tim tersebut, di antaranya mencakup airport expression (meningkatkan keindahan interior bandara), operational & commercial excellence (meningkatkan aspek operasional dan komersial bandara), customer experience (meningkatkan pengalaman penumpang pesawat di bandara), digital exploration (mengadopsi digitalisasi untuk pelayanan dan operasional di bandara), dan enroute expansion (penambahan kapasitas penerbangan).

"Melalui program transformasi yang dicanangkan Kementerian BUMN sejak 2023, Bandara Soekarno-Hatta semakin sejajar dengan bandara-bandara terbaik di dunia dan mampu meningkatkan pelayanan, operasional, dan komersial sehingga peringkat dunia jauh lebih baik pada 2024," ujar Agus.

Reporter: Antara
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...