Stok Terigu Terancam Langka, Bagaimana Dampak ke Harga Sari Roti?

Andi M. Arief
19 April 2024, 13:42
sari roti, terigu, roti
Arief Kamaludin|KATADATA
Ilustrasi. Produksi tepung terigu yang akan merupakan bahan baku Sari Roti berpotensi langka.
Button AI Summarize

Stok tepung terigu di tanah air terancam langka akibat gangguan pada impor bahan baku Premiks Fortikan. Meski demikian, PT Nippon Indosari Corpindo Tbk memastikan, produksi roti mereka dengan merk Sari Roti tak akan terganggu hingga perlu menyesuaikan harga.

"Minimnya Premiks Fortikan di dalam negeri tidak berpengaruh ke produk ROTI," kata Direktur Kepatuhan ROTI Indrayana kepada Katadata.co.id, Jumat (19/4).

Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia (Aptindo) menyatakan mayoritas produsen tepung terigu di Indonesia, terancam kehabisan Premiks Fortikan. Bahan baku tersebut merupakan komponen vital dalam produksi terigu untuk memenuhi Standar Nasional Indonesia (SNI).

Salah satu produsen tepung terigu, PT Indofood Tbk bahkan kemunginan akan kehabisan Premiks Fortikan pada bulan ini. Direktur INDF Franciscus Welirang sebelumnya mengatakan, pengadaan Premiks Fortikan di dalam negeri kini terganggu buntut Peraturan Menteri Perdagangan No. 36 Tahun 2023 yang memperketat kebijakan impir.

Ia memperkirakan stok terigu di dalam negeri akan turun hingga 50% jika aturan tersebut tak direvisi. Sebagian besar  pabrikan tepung terigu di dalam negeri diperkirakan kehabisan pasokan Premiks Fortikan pada Juni 2024. Lima dari tujuh pabrikan tepung terigu akna kehabisan Premiks Fortikan pada bulan depan, seperti PT  Sriboga Flour Mills, Cerestar Group, Wilmar Group, PT Eastern Pearl Flour Mills, dan PT Golden Gran Mills.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Agustiyanti
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...