AS Keluarkan Izin Penggunaan Darurat Vaksin Covid-19 Moderna

Image title
19 Desember 2020, 17:01
vaksin virus corona, amerika serikat, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, internasional, gerakan 3M
AstraZeneca
Ilustrasi, vaksin virus corona. FDA mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Moderna.

Badan Pengawas Obat dan Makanan Amerika Serikat (AS) atau FDA akhirnya mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin virus corona dari Moderna Inc. Keputusan tersebut diharapkan dapat mempercepat proses vaksinasi di sana.

Keputusan tersebut disambut baik oleh Presiden terpilih AS Joe Biden. Dia rencnanaya akan mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 pada Senin (21/12). 

“Hari-hari yang lebih cerah menanti di depan,” kata Biden.

Sedangkan Presiden AS Donald Trump di Twitter memuji otorisasi vaksin moderna. “Selamat, vaksin Moderna sekarang tersedia!”.

Pada pekan lalu, FDA telah mengeluarkan izin penggunaan darurat vaksin Covid-19 buatan Pfizer dan BioNTech. Kedua vaksin tersebut rencananya akan diberikan untuk petugas kesehatan dan lansia di fasilitas perawatan. 

Vaksin dari Pfizer dan BioNTech telah diberikan kepada ribuan petugas kesehatan sepanjang pekan ini. Sedangkan suntikan vaksin Moderna diharapkan bisa diberikan dalam beberapa hari mendatang untuk orang dewasa berusia 18 tahun ke atas.

“Dengan ketersediaan dua vaksin sekarang untuk pencegahan Covid-19, FDA telah mengambil langkah penting lainnya dalam memerangi pandemi global yang menyebabkan banyak sekali rawat inap dan kematian di Amerika Serikat setiap hari,” ujar Komisaris FDA Stephen M. Hahn, MD, seperti dilansir dari Reuters pada Sabtu (19/12). 

Tembakan Moderna diharapkan dapat digunakan di lokasi yang lebih sulit dijangkau, seperti rumah sakit pedesaan. Sebab, vaksin buatan Pfizer dan BioNTech perlu disimpan dalam suhu ultra dingin dan dikirim dalam keadaan beku.

Hal itu menyulitkan distribusi vaksin ke wilayahpwilayah pedesaan di sana.“Harapan saya yaitu semua orang Amerika akan mendapat perlindungan dari vaksinasi. Begitulah cara negara kami pulih dan bergerak maju, "kata ilmuwan penyakit menular AS Anthony Fauci dalam sebuah pernyataan.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...