The Fed Berpotensi Naikkan Bunga Lebih Tinggi Dibanding Prediksi Pasar

Agustiyanti
26 Mei 2022, 09:24
The Federal Reserve (The Fed) Jerome Powell, The fed, the federal reserve, suku bunga AS, bunga the fed
https://www.federalreserve.gov
Gubernur The Fed Jerome Powell mengambil langkah yang tidak biasa pada awal bulan ini dengan berbicara kepada publik Amerika secara langsung untuk menekankan komitmen bank sentral dalam menjinakkan inflasi.

Pejabat The Federal Reserve menekankan perlunya menaikkan suku bunga lebih cepat dan mungkin lebih besar dari yang diantisipasi pasar. Langkah ini diperlukan untuk mengatasi masalah inflasi yang sedang berkembang.

Ini terungkap dalam risalah pertemuan The Fed awal bulan ini yang dirilis Rabu (26/5). Dalam risalah tersebut tergambar bahwa pembuat kebijakan tidak hanya melihat perlunya menaikkan suku bunga acuan sebesar 50 poin pada bulan ini, tetapi juga  pada beberapa pertemuan berikutnya.

Advertisement

Dalam catatan tersebut, sebagian besar pejabat The Fed juga melihat bahwa kebijakan bank sentral mungkin harus bergerak melewati sikap "netral", yang tidak mendukung atau membatasi pertumbuhan. 

“Sebagian besar peserta menilai bahwa kenaikan 5o bps dalam kisaran target kemungkinan akan kembali dilakukan pada beberapa pertemuan berikutnya,” demikian tertulis dalam risalah tersebut seperti dikutip dari CNBC.

Anggota Komite Pasar Terbuka Federal juga mengindikasikan bahwa kebijakan yang membatasi mungkin menjadi tepat, tergantung pada prospek ekonomi yang berkembang dan risiko terhadap prospek tersebut.

Dalam pertemuan yang berlangsung pada 3-4 Mei lalu, The Fed menaikkan suku bunga acuannya 50 bps dan menyusun rencana  untuk mengurangi neracanya sebesar US$ 9 triliun mulai Juni. Neraca bank sentral saat ini sebagian besar terdiri dari treasury dan sekuritas yang didukung hipotek.

Kenaikan suku bunga The Fed pada awal bulan ini adalah kenaikan suku bunga terbesar dalam 22 tahun dan terjadi saat bank sentral mencoba menurunkan inflasi yang mencapai level tertinggi 40 tahun.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement