Kunjungi Arab Saudi, Xi Jinping Dorong Penggunaan Yuan untuk Migas

Image title
11 Desember 2022, 15:21
Xi Jinping, Cina, Minyak, Gas Alam, Migas
ANTARA FOTO/Media Center G20 Indonesia/Akbar Nugroho Gumay/nym.
Ilustrasi, Presiden Cina Xi Jinping tiba di lokasi KTT G20 di Nusa Dua, Bali, Selasa (15/11/2022).

Dalam upaya mendongkrak peran yuan di pasar energi global, Presiden Cina Xi Jinping mengatakan kepada para pemimpin Arab pada Jumat (9/12), bahwa China lebih memilih untuk membeli minyak dan gas (migas) dalam mata uang Cina, yakni Yuan.

Mengutip wionews.com, Minggu (11/12), Cina mendesak negara-negara Arab untuk menggunakan Yuan, demi mencapai ambisinya membangun mata uangnya di pasar internasional. Tujuannya, untuk melemahkan dominasi mata uang Amerika Serikat (AS) pada perdagangan dunia.

Xi Jinping dilaporkan baru saja menyelesaikan kunjungan kenegaraan ke Arab Saudi, di mana kedua negara sepakat untuk bekerja sama dalam masalah kepentingan bersama. Ini adalah kunjungan ketiga Xi ke luar Tiongkok sejak pandemi Covid-19 dimulai pada akhir 2019.

Putra Mahkota Arab Saudi Mohammed bin Salman menjadi tuan rumah dua KTT Arab di hadapan pemimpin Cina. KTT tersebut menegaskan ambisi Arab Saudi untuk menjalin kemitraan di luar hubungan dekat dengan Barat.

Kunjungan Xi Jinping dilakukan pada saat hubungan antara Arab Saudi dan AS merenggang, di mana AS kerap mengkritik Arab Saudi atas berbagai masalah, di antaranya hak asasi manusia, kebijakan energi, dan dukungan tidak langsung ke Rusia.

Dampak besar akan ditimbulkan jika negara-negara seperti Cina dan Arab Saudi meninggalkan dolar AS, terutama dalam perdagangan minyak. Beberapa ahli mengatakan, kemungkinan ini bisa terjadi, karena Arab Saudi sendiri telah menunjukkan sinyal tersebut ketika AS berencana membawa anggota-anggota OPEC ke tuntutan hukum anti monopoli.

Para ahli telah mencatat, bahwa AS harus waspada atas meningkatnya pengaruh Cina di semenanjung Arab. Selama kunjungan Xi Jinping, kedua negara sepakat untuk memperdalam hubungan ekonomi mereka.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...