Rusia Batal Tuntut Wagner dan Prigozhin Meski Telah Memberontak

Ameidyo Daud Nasution
27 Juni 2023, 19:01
wagner, prigozhin, rusia
ANTARA FOTO/REUTERS/FBI/Handout /aww/cf
Amerika Serikat mengumumkan pada Kamis (3/3/2022), mereka memberlakukan sanksi terhadap oligarki Rusia, termasuk Yevgeniy Prigozhin (terlihat di poster FBI), seperti menargetkan orang super kaya Rusia dan lainnya yang dekat dengan Presiden Vladimir Putin, lebih lanjut meningkatkan tekanan keuangan atas invasi Rusia ke Ukraina.

Pihak berwenang Rusia menutup penyelidikan kriminal atas pemberontakan Wagner yang dipimpin Yevgeny Prigozhin. Ini berarti Kremlin menepati janji tak menuntut Prigozhin dan anak buahnya jika menghentikan pemberontakan.

Dikutip dari Associated Press pada Selasa (27/6), Dinas Keamanan Federal (FSB) beralasan tentara bayaran tersebut telah menghentikan aktivitas yang mengarah pada kejahatan sehingga penyelidikan tak dilanjutkan.

Pemberontakan bersenjata di Rusia sebenarnya diancam dengan hukuman hingga 20 tahun. Meski demikian, nasib Prigozhin dan Wagner akan berbeda dengan mereka yang dihukum karena melakukan protes anti pemerintah Rusia.

Meski demikian, keberadaan Prigozhin hingga saat ini menjadi misteri. Sebelumnya Rusia mengatakan Prigozhin mengasingkan diri ke Belarus, namun otoritas di Belarusia tak mengonfirmasikan hal tersebut.

Sedangkan, pemantau militer independen Belarusia, Belaruski Hajun mengatakan sebuah jet bisnis mendarat di dekat Ibu Kota Minsk pagi tadi. Kabarnya, jet tersebut mengangkut Prigozhin. Meski demikian, tim media pengusaha tersebut tak memberikan konfirmasi.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...