Pabrik Uranium Rusia Meledak, Ini Bencana Nuklir Terburuk di Dunia

Dini Pramita
16 Juli 2023, 16:37
Ilustrasi pabrik uranium untuk reaktor nuklir.
Caixing Global
Ilustrasi pabrik uranium untuk reaktor nuklir.

Pabrik uranium di wilayah Ural, Rusia, meledak pada pada Jumat (14/7). Ledakan terjadi setelah tekanan di sebuah silinder heksafluorida milik Ural Electrochemical Combine yang berlokasi di Novouralsk menurun.

Akibat ledakan ini, satu pekerja berusia 65 tahun tewas. Mengutip dari Reuters, Ural Electrochemical Combine menyatakan ledakan terjadi akibat depresurisasi di sebuah silider berisi uranium heksafluorida yang sudah habis.

Heksafluorida adalah senyawa kimia yang digunakan dalam proses pengayaan uranium untuk memproduksi bahan bakar yang digunakan pada reaktor nuklir. Menurut UEC, senyawa ini digunakan di fasilitas miliknya untuk memurnikan nuklir.

Senyawa ini bersifat sangat beracun, sangat reaktif dengan air dan bersifat korosif pada hampir semua logam. UEC merupakan produsen bahan dasar nuklir di bawah Rosatom yang memproduksi nuklir untuk dimanfaatkan di pembangkit listrik tenaga nuklir.

Induk perusahaan UCE, Rosatom, mengeluarkan pernyataan pers yang menyatakan tak ada unsur radioaktif yang perlu dikhawatirkan. "Kejadian ini bersifat lokal dan tidak ada risiko bagi mereka yang tinggal di dekat pabrik."

Mereka menyebutkan senyawa kimia yang sudah dimurnikan tersebut tidak memiliki unsur radiokatif setinggi uranium alami. "Radiasi yang diukur setelah ledakan adalah 0,17 microsieverts, masih di ambang normal."

Menurut World Nuclear Association, radiasi yang terjadi secara alami memiliki ambang batas 0,17-0,39 microsieverts per jam.

Fasilitas yang dimiliki oleh UCE itu disebut-sebut sebagai yang terbesar di Rusia. Fasilitas itu menyediakan 48% kebutuhan nuklir di Rusia.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...