Perbandingan Kekuatan Militer Israel dan Hamas

Image title
Oleh Safrezi
10 Oktober 2023, 18:08
israel, kekuatan militer, persenjataan israel, persenjataan hamas, kekuatan militer israel, kekuatan militer hamas, kekuatan militer palestina
ANTARA FOTO/REUTERS/Ibraheem Abu Mustafa/RWA/sa.

Serangan mendadak kelompok militan Palestina, Hamas, kepada Israel di Jalur Gaza sejak 7 Oktober lalu berakibat fatal. Serangan tersebut membuat Israel untuk pertama kalinya dalam 50 tahun terakhir memutuskan untuk mendeklarasikan "perang". Israel telah mengumumkan "pengepungan total" terhadap Gaza, memutus pasokan air, makanan dan listrik. 

Serangan Hamas ini telah menghancurkan bangunan runtuh, ratusan orang mati, hingga kedudukan militer Israel berhasil ditekuk oleh Hamas. Banyak kalangan memandang teknologi canggih yang dimiliki Israel gagal mengantisipasi serangan Hamas tersebut.

Peluncuran misil Hamas berhasil menembus teknologi kecerdasan buatan Israel yang disebut paling canggih di dunia. Persenjataan Israel memang diklaim paling canggih hingga mendapat investasi miliaran dari dunia. Namun, ternyata teknologi tersebut tak mampu memberikan peringatan dini dari serangan Hamas.

Mantan kepala Badan Intelijen, Mossad, Efrain Halevy, mengatakan Israel kecolongan dengan serangan Hamas. "Kami tak mendapat peringatan apa pun, dan sungguh mengejutkan bahwa perang pecah hari ini," kata Halevy, dikutip CNN (9/10).

Halevy juga mengaku jumlah roket yang ditembakkan milisi Palestina berada di skala yang "belum pernah terjadi sebelumnya." Ia juga menyebut ini kali pertama serangan Hamas menembus jauh ke wilayah Israel.

Sebelumnya, Iron Dome dan perkembangan teknologi AI Israel membuat banyak orang kagum karena dinilai paling canggih d di dunia. Israel menunjukkan cara mereka menggunakan gabungan antara AI dan drone untuk mengenali dan memilih target serangan roket di Jalur Gaza.

Perbandingan Kekuatan Militer Palestina dan Israel

Mengutip defencestreet, kekuatan militer Israel dan Palestina sangat timpang, terlebih jika dibandingkan dengan Hamas. Israel memiliki persenjataan yang berteknologi maju, termasuk militer yang terlatih. Israel juga memiliki peralatan modern, kemampuan intelijen, dan infrastruktur pertahanan yang kuat.

Sementara Palestina, tidak memiliki kekuatan militer yang terpusat khususnya di Jalur Gaza dan Tepi Barat. Banyak faksi, termasuk Hamas yang berada di Jalur Gaza, sedangkan otoritas Palestina di Tepi Barat. Meskipun beberapa faksi memiliki kekuatan paramiliter, tetap saja tidak bisa dibandingkan dengan Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Israel menerapkan kebijakan wajib militer, sehingga jumlah tentara mereka bisa tetap besar dan terlatih. Israel juga mendapat manfaat dari aliansi internasional yang kuat, khususnya dengan Amerika Serikat.

Dalam Global Fire Power 2023, Israel masuk dalam 20 negara dengan kekuatan militer terbesar di dunia. Israel memiliki 646 ribu personil militer. Anggaran militer Israel juga diperkirakan mencapai 4,5 persen dari PDB negara tersebut yang mencapai US$522,03 miliar pada 2022.

Sedangkan jumlah militer Hamas diperkirakan sekitar 20.000 hingga 25.000 pejuang. Adapun jumlah pengeluaran pendanaan militer Hamas hingga saat ini tidak bisa diperkirakan dengan pasti.

Konflik Palestina - Israel meningkat
Konflik Palestina - Israel meningkat (Katadata)

Daftar Persenjataan Israel

Dari sisi persenjataan harus diakui Israel jauh lebih canggih dari Hamas. Beragam teknologi mutakhir mereka miliki, sementara teknologi persenjataan Hamas dinilai banyak yang sudah usang. Mengutip website Israel Defence Force (IDF), terdapat beberapa inovasi teknologi militer yang dimiliki negara itu.

Militer Israel dipersenjatai dengan tank seperti tank Tank Merkava, dan kendaraan lapis baja. Tank Merkava mirip dengan Leopard 2 yang memiliki lapis baja depan yang berat untuk memberikan perlindungan maksimal bagi empat awaknya dan dipersenjatai dengan meriam utama 120mm serta persenjataan sekunder.

Israel juga menggunakan jet tempur Kfir (buatan sendiri), pesawat tempur multiperan yang didasarkan pada pesawat Mirage buatan Prancis. Angkatan udara Israel juga memiliki sejumlah jet canggih F-35 Lightning II yang diperoleh dari AS. Ada juga kabar yang mengatakan Israel memiliki persenjataan nuklir.

Melansir pemberitaan Reuters, sepekan sebelum serangan Hamas pekan lalu, pejabat NATO berkunjung ke perbatasan antara Israel dan Gaza. Petinggi Israel memamerkan penggunaan teknologi kecerdasan buatan (AI) dan perangkat teknologi pengawasan mereka. Israel menunjukkan cara mereka menggunakan gabungan antara AI dan drone untuk mengenali dan memilih target serangan roket di Jalur Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...