Perbatasan Rafah Dibuka, Bantuan Kemanusiaan Mulai Masuk ke Gaza

Image title
21 Oktober 2023, 15:14
Ilustrasi, perbatasan Rafah, yang memisahkan Mesir dan Gaza.
Al Jazeera
Ilustrasi, perbatasan Rafah, yang memisahkan Mesir dan Gaza.

Perbatasan Rafah antara Mesir dan Gaza telah dibuka untuk mengalirkan sejumlah kecil bantuan yang sangat dibutuhkan bagi warga Palestina yang kekurangan makanan, obat-obatan dan air di wilayah yang dikepung Israel.

Mengutip Al Jazeera, konvoi 20 truk bantuan kemanusiaan memasuki Jalur Gaza pada Sabtu (21/10) dari Mesir, membawa obat-obatan dan persediaan makanan. Lebih dari 200 truk yang membawa sekitar 3.000 ton bantuan telah ditempatkan di dekat persimpangan selama berhari-hari sebelum menuju ke Gaza.

"Konvoi bantuan bantuan yang masuk mencakup 20 truk yang membawa obat-obatan, perbekalan medis, dan persediaan makanan kaleng dalam jumlah terbatas," kata kantor media Hamas sebelumnya.

Israel memblokade wilayah tersebut dan melancarkan gelombang serangan udara menyusul serangan pejuang Hamas pada 7 Oktober di kota-kota di Israel selatan.

Israel telah menutup wilayah tersebut selama dua minggu, memaksa warga Palestina untuk menjatah makanan dan meminum air kotor dari sumur. Rumah sakit mengatakan mereka kehabisan obat-obatan dan bahan bakar untuk generator darurat di tengah pemadaman listrik di seluruh wilayah.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...