Obama Peringatkan Israel soal Serangan ke Palestina

Desy Setyowati
24 Oktober 2023, 09:18
barack obama, israel, palestina
REUTERS/Yuri Gripas TPX IMAGES OF THE DAY
Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama, pada Desember 2016

Mantan Presiden Amerika Serikat Barack Obama mengingatkan Israel bahwa beberapa tindakan mereka dalam melawan Hamas dapat berdampak buruk terhadap mereka sendiri. Salah satunya yakni melemahnya dukungan internasional untuk Israel.

"Keputusan pemerintah Israel memutus pasokan makanan, air, dan listrik kepada penduduk sipil yang terjebak (di Gaza) tidak hanya memperburuk krisis kemanusiaan," kata Obama dikutip dari Reuters, Selasa (24/10).

"Hal ini bisa lebih memperkuat sikap Palestina selama beberapa generasi, melemahkan dukungan global untuk Israel, memberi keuntungan kepada musuh-musuh Israel, dan merusak upaya jangka panjang untuk mencapai perdamaian dan stabilitas di wilayah tersebut," Obama menambahkan.

Obama mengutuk serangan Hamas. Ia juga mendukung hak Israel untuk membela diri, tetapi memperingatkan tentang risiko perang terhadap warga sipil.

Ia juga tidak memerinci apakah dirinya sudah berkoordinasi dengan Presiden AS Joe Biden. Biden menjabat sebagai wakil presiden Obama selama delapan tahun.

Selama masa pemerintahan Obama, ia sering mendukung hak Israel untuk membela diri di awal konflik dengan kelompok Islam Palestina, Hamas di Gaza.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...