Menteri Arab Saudi, Qatar, Mesir, UEA Bertemu Menlu AS soal Palestina

Desy Setyowati
4 November 2023, 09:58
Amerika, Antony Blinken, palestina,
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo/aww.
Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken memberikan keterangan pada konferensi pers di Nusa Dua, Badung, Bali, Sabtu (9/7/2022). Indonesia dalam pelaksanaan G20 di Bali.

Pemerintah Yordania mengumumkan pada Jumat bahwa mereka akan menjadi tuan rumah pertemuan antara Menteri Luar Negeri Amerika Serikat Antony Blinken dengan menteri dari Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Mesir membahas soal Palestina pada hari ini (4/11).

“Selama pertemuan, menteri luar negeri dari Arab Saudi, Qatar, Uni Emirat Arab, dan Mesir akan menyerukan gencatan senjata segera, memberikan bantuan kemanusiaan, dan cara-cara untuk mengakhiri konflik berbahaya yang mengancam keamanan kawasan,” kata Kementerian Luar Negeri Yordania dikutip dari Reuters, Jumat (3/11).

Kementerian Luar Negeri Yordania menyampaikan, Israel menyerang Gaza dari udara tanpa pandang bulu. Selain itu, menutup wilayah dan melancarkan serangan darat.

Langkah Israel itu memicu kekhawatiran global atas jatuhnya korban sipil dan kondisi kemanusiaan di Gaza, kelangkaan makanan, layanan medis yang tidak berfungsi, dan jumlah korban tewas yang melampaui 9.000 orang.

“Rapat koordinasi ini merupakan bagian dari upaya para menteri luar negeri Arab Untuk mengakhiri perang Israel di Gaza yang menyebabkan bencana kemanusiaan,” kata Kementerian Luar Negeri Yordania.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...