Kronologi Jet Japan Airlines Tabrakan di Bandara Tokyo Haneda Jepang

Desy Setyowati
3 Januari 2024, 07:17
Jet Japan Airlines tabrakan, gempa jepang, pesawat tabrakan, jepang,
YouTube BBC
Jet Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa Jepang di bandara Tokyo Haneda pada Selasa (2/1).
Button AI Summarize

Jet Japan Airlines terbakar setelah bertabrakan dengan pesawat bantuan gempa Jepang di bandara Tokyo Haneda pada Selasa (2/1). Berikut kronologinya.

Jet Japan Airlines penerbangan 516 membawa total 379 penumpang, termasuk delapan anak di bawah usia dua tahun. Namun ada enam korban di pesawat lain. Lima di antaranya meninggal dunia.

“Pesawat itu diduga pesawat De Havilland Canada DHC-8 yang dioperasikan oleh Penjaga Pantai Jepang alias Japan Coast Guard (JCG),” kata lembaga penyiaran publik Jepang, NHK dikutip dari CNN Internasional, Rabu (3/1).

Pesawat Airbus A350-900 terbakar setelah terbang ke Haneda dari kota Sapporo di Jepang utara pada pukul 17:46 waktu setempat (03:46 ET). Video menunjukkan bola api besar meletus saat pesawat terbakar, meninggalkan jejak api di landasan.

Kronologi Jet Japan Airlines Tabrakan

Japan Airlines mengatakan awak diizinkan mendarat oleh pengatur lalu lintas udara sebelum tabrakan. Audio dari LiveATC.net tampaknya memerinci kru yang membacakan kembali perintah izin untuk landasan pacu 34, yang mengatakan ‘diizinkan untuk mendarat di kanan 34’.

“Berdasarkan wawancara dengan kru operasi, mereka mengakui dan mengulangi izin pendaratan dari kontrol lalu lintas udara. Kemudian melanjutkan prosedur pendekatan dan pendaratan,” kata Japan Airlines.

Pernyataan itu mengatakan bahwa setelah mendarat, Airbus A350 Japan Airlines bertabrakan dengan pesawat Penjaga Pantai Jepang dan terbakar.

Setelah kobaran api muncul, pesawat terlihat terhenti dan penumpang menggunakan perosotan darurat untuk melarikan diri dari api saat petugas pemadam kebakaran mencoba memadamkan api yang semakin membesar.

“Lebih dari 100 truk pemadam kebakaran dikerahkan untuk mengatasi kecelakaan tersebut,” demikian laporan NHK.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...