Pilihan Obat Asam Lambung di Apotek dan Obat Alami

Image title
2 September 2021, 17:10
Ilustrasi penderita penyakit yang disebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Penderita dapat mengonsumsi obat asam lambung di apotek atau obat alami.
integrativemedica.com
Ilustrasi penderita penyakit yang disebabkan kadar asam lambung yang tinggi

Obat asam lambung di Apotek bisa menjadi pilihan saat seseorang mengalami gangguan pencernaan. Sistem pencernaan pada tubuh manusia berfungsi memecah makanan menjadi bentuk yang mudah diserap dan menjadikannya sebagai energi.

Dalam buku Anatomi Dan Fisiologi Manusia oleh Raimundus Chaliks, organ dalam sistem pencernaan adalah mulut, kerongkongan, lambung, pankreas, hati, kantong empedu, usus halus, usus besar, dan anus. Makanan dan minuman diubah menjadi molekul kecil oleh sistem pencernaan agar mudah diserap tubuh dan digunakan untuk energi, pertumbuhan, dan perbaikan sel.

Apabila sistem pencernaan tidak bekerja dengan baik, akan timbul masalah kesehatan. Gangguan sistem pencernaan adalah masalah yang terjadi pada saluran atau organ yang terlibat dalam sistem pencernaan. Salah satunya, penyakit asam lambung.

Asam lambung adalah cairan encer dan tidak berwarna yang diproduksi dinding lambung. Fungsi utamanya adalah untuk menonaktifkan mikroorganisme yang tertelan bersama makanan dan minuman sehingga menghambat infeksi.

Terkadang, tubuh menghasilkan kadar asam lambung yang lebih tinggi dari normal. Jastria Pusmarani dalam Farmakoterapi Penyakit Sistem Gastrointestinal menjelaskan, kadar asam lambung yang tinggi dapat menyebabkan sejumlah komplikasi, termasuk:

  • Tukak lambung.
  • Refluks asam.
  • Gastritis (Maag).
  • Penyakit refluks gastroesofageal atau gastroesophageal reflux disease (GERD).

Untuk mengatasi hal tersebut, penderita dapat mengonsumsi obat asam lambung.

Obat Asam Lambung di Apotek

Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM) mengizinkan berbagai obat asam lambung untuk dibeli di apotek dengan dan tanpa resep dokter. Tiga jenis obat asam lambung yang dapat Anda beli di apotek meliputi:

1. Antasida

Menurut Pusat Informasi Obat Nasional (PIONAS) Antasida adalah obat yang menetralkan asam lambung untuk meredakan gangguan pencernaan. Antasida ada yang berupa tablet atau cair dan dapat dibeli di apotek dan toko tanpa resep dokter. Dosis antasida adalah 1-2 tablet kunyah 4 kali sehari.

2. Antagonis reseptor-H2

Antagonis reseptor-H2 berfungsi mengatasi tukak lambung dan duodenum dengan cara mengurangi sekresi asam lambung. Obat ini dapat juga digunakan untuk mengatasi gejala refluks gastroesofagus (GERD) akibat asam lambung yang naik.

Beberapa antagonis reseptor-H2 harus menggunakan resep. Namun, ada beberapa yang dapat dibeli di Apotek tanpa resep, yaitu:

  • Cimetidine.
  • Ranitidine.
  • Famotidine.

3. Penghambat pompa proton

Penghambat pompa proton atau proton-pump inhibitor (PPI) adalah kelas obat untuk menurunkan produksi asam lambung yang mendalam dan berkepanjangan. Obat ini berfungsi menghambat sekresi asam lambung dengan menghambat sistem enzim adenosin trifosfatase hidrogen-kalium dari sel parietal lambung.

Beberapa obat termasuk dalam PPI adalah omeprazol, esomeprazol, lansoprazol, pantoprazol, dan rabeprazol. Jenis omeprazol dan lansoprazol dosis rendah dapat dibeli tanpa resep. Sedangkan jenis lain termasuk dosis tinggi dan butuh resep dokter.

Obat Asam Lambung Alami

Beberapa penelitian telah membuktikan makanan dan minuman dapat dikonsumsi untuk menurunkan kadar asam lambung secara alami. Berikut obat asam lambung alami yang dapat dicoba.

1. Jahe

Jahe kaya akan antioksidan dan bahan kimia yang dapat digunakan sebagai obat untuk mengatasi asam lambung secara alami. Penelitian dalam jurnal Food Science & Nutrition menjelaskan, senyawa fenolik dalam jahe dapat meredakan iritasi gastrointestinal dan mengurangi kontraksi lambung. Jahe juga dapat  mengurangi asam lambung yang naik ke kerongkongan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...