Kaya Nutrisi, Ini 19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Siti Nur Aeni
16 Agustus 2021, 11:36
Kaya Nutrisi, Ini 19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan
Kemenko Perekonomian
Pisang Sunpride berkualitas ekspor produksi PT Great Giant Pineapple.

Manfaat pisang perlu kita ketahui, terlebih buah ini banyak tumbuh di Indonesia. Pisang tidak mengenal musim, sehingga kapan saja Anda ingin memakannya dengan mudah menemukannya. Bahkan buah ini sering kali menjadi tanaman untuk halaman rumah.

Banyak sekali jenis pisang di Indonesia. Semua jenis pisang memiliki karakter dan rasa yang berbeda, ada yang sangat manis, sedikit masam, ada yang memiliki aroma menyengat, ada yang memiliki terkstur kenyal, dan lain sebagainya. Semua jenis ini baik untuk konsumsi langsung ataupun diolah menjadi produk turunan.

Kandungan Buah Pisang

Manfaat pisang tidak hadir begitu saja. Manfaat ini muncul karena nutrisi yang terkandung di dalam buah tropis ini sangat beragam. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah ini di antaranya air, kalori, protein, serat, gula total, pati, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, serat, kalium, dan selenium.

Pisang juga mengandung  vitamin C, asam folat, beta karoten, zat besi, zinc, tembaga, mangan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kolin, omega 3, omega 6, dan anti oksidan. Kadar dari setiap nutrisi tersebut akan berbeda-beda di setiap buah pisang.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Ketika mengkonsumsi buah kita pasti berharap buah yang dikonsumsi memiliki manfaat untuk kesehatan. Tenang saja, karena manfaat buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari buah tropis ini diantaranya.

1. Sumber Energi

Manfaat pertama dari buah pisang yakni menjadi sumber energi. Buah ini memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya juga cukup tinggi. Tidak hanya itu, pisang diketahui memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel. Tak heran jika buah ini sering menjadi makanan favorit oleh mereka yang sedang melaksanakan program diet.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pisang juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah ini memiliki kandungan serat cukup banyak sehingga bisa membantu mengeluarkan kotoran di dalam perut dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, pisang juga menjadi sumber sari pati resisten yang merupakan makanan untuk bakteri baik di usus besar. Dengan demikian, sistem pecernaan bisa tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pisang selanjutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dimilikinya memiliki peranan untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi infeksi. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Mencegah Kanker Usus Besar

Siapa sangka jika buah yang sering kita jumpai ini ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan organ pencernaan termasuk usus besar.

5. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah di dalam tubuh ternyata bisa menyebabkan penyakit yang dikenal dengan anemia atau kurang darah. Untuk mencegah penyakit ini, anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Salah satu jenis makanan yang memiliki mineral baik ini yaitu buah pisang. Manfaat pisang ini bisa berperan sebagai pembentuk hemoglobin atau sel darah merah. Jika hemoglobin di dalam darah cukup, maka risiko anemia bisa dihindari.

6. Menurunkan Hipertensi

Selain kurang darah, ada penyakit lain yang muncul pada sistem peredaran manusia yakni hipertensi atau yang juga dikenal sebagai darah tinggi. Penyakit ini muncul jika tekanan darah di dalam tubuh naik drastis di atas batas normal.

Kandungan kalium yang ada di dalam pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Hanya saja manfaat ini tidak akan optimal jika anda tidak menjaga pola hidup sehat lainnya. Untuk menurunkan tekanan darah, anda juga harus mengurangi makanan yang tinggi garam dan lemak serta menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika tubuh merasa lelah mungkin kita akan dengan mudah hilang konsentrasi. Padahal hal tersebut akan sangat menggangu aktivitas. Untuk meningkatkan konsentrasi tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi.

Salah satu makanan yang dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi yaitu buah pisang. Sebab, pisang memiliki kandungan potasium yang bsia melancarkan oksigen ke otak, dengan demikian otak akan lebih mudah konsentrasi dan aktivitas tidak akan terganggu.

8. Mencegah Stroke

Kandungan kalium yang ada di dalam buah pisang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit stroke. Konsumsi pisang dengan rutin, bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan nutrisi inilah yang akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk stroke.

Halaman:
Editor: Redaksi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...