Kaya Nutrisi, Ini 19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan

Kandungan nutrisi dan vitamin di dalam Pisang membuat buah ini kaya manfaat bagi kesehatan. Apa saja manfaat Pisang? Ini dia daftar lengkapnya
Image title
16 Agustus 2021, 11:36
Kaya Nutrisi, Ini 19 Manfaat Pisang untuk Kesehatan
Kemenko Perekonomian
Pisang Sunpride berkualitas ekspor produksi PT Great Giant Pineapple.

Manfaat pisang perlu kita ketahui, terlebih buah ini banyak tumbuh di Indonesia. Pisang tidak mengenal musim, sehingga kapan saja Anda ingin memakannya dengan mudah menemukannya. Bahkan buah ini sering kali menjadi tanaman untuk halaman rumah.

Banyak sekali jenis pisang di Indonesia. Semua jenis pisang memiliki karakter dan rasa yang berbeda, ada yang sangat manis, sedikit masam, ada yang memiliki aroma menyengat, ada yang memiliki terkstur kenyal, dan lain sebagainya. Semua jenis ini baik untuk konsumsi langsung ataupun diolah menjadi produk turunan.

Kandungan Buah Pisang

Manfaat pisang tidak hadir begitu saja. Manfaat ini muncul karena nutrisi yang terkandung di dalam buah tropis ini sangat beragam. Beberapa kandungan yang ada di dalam buah ini di antaranya air, kalori, protein, serat, gula total, pati, kalsium, magnesium, fosfor, karbohidrat, serat, kalium, dan selenium.

Pisang juga mengandung  vitamin C, asam folat, beta karoten, zat besi, zinc, tembaga, mangan, vitamin A, vitamin B1, vitamin B2, vitamin B3, vitamin B5, vitamin B6, kolin, omega 3, omega 6, dan anti oksidan. Kadar dari setiap nutrisi tersebut akan berbeda-beda di setiap buah pisang.

Manfaat Buah Pisang untuk Kesehatan

Ketika mengkonsumsi buah kita pasti berharap buah yang dikonsumsi memiliki manfaat untuk kesehatan. Tenang saja, karena manfaat buah pisang juga sangat baik untuk kesehatan. Beberapa manfaat dari buah tropis ini diantaranya.

1. Sumber Energi

Manfaat pertama dari buah pisang yakni menjadi sumber energi. Buah ini memiliki beberapa kandungan vitamin yang baik untuk kesehatan tubuh. Selain itu, kandungan serat yang ada di dalamnya juga cukup tinggi. Tidak hanya itu, pisang diketahui memiliki kandungan karbohidrat dua kali lebih banyak dibandingkan dengan buah apel. Tak heran jika buah ini sering menjadi makanan favorit oleh mereka yang sedang melaksanakan program diet.

2. Melancarkan Sistem Pencernaan

Buah pisang juga memiliki manfaat untuk melancarkan sistem pencernaan. Buah ini memiliki kandungan serat cukup banyak sehingga bisa membantu mengeluarkan kotoran di dalam perut dan mengurangi risiko sembelit. Selain itu, pisang juga menjadi sumber sari pati resisten yang merupakan makanan untuk bakteri baik di usus besar. Dengan demikian, sistem pecernaan bisa tetap sehat dan berfungsi dengan baik.

3. Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Manfaat pisang selanjutnya yakni bisa meningkatkan daya tahan tubuh. Kandungan vitamin A, vitamin C, dan vitamin B6 yang dimilikinya memiliki peranan untuk meningkatkan imunitas dan mengatasi infeksi. Dengan demikian, tubuh menjadi lebih sehat dan terhindar dari penyakit.

4. Mencegah Kanker Usus Besar

Siapa sangka jika buah yang sering kita jumpai ini ternyata memiliki kemampuan untuk mencegah risiko penyakit berbahaya seperti kanker. Hal tersebut dikarenakan pisang memiliki kandungan serat dan antioksidan yang cukup tinggi sehingga bisa membantu menjaga kesehatan organ pencernaan termasuk usus besar.

5. Mencegah Anemia

Kekurangan sel darah merah di dalam tubuh ternyata bisa menyebabkan penyakit yang dikenal dengan anemia atau kurang darah. Untuk mencegah penyakit ini, anda perlu memperbanyak konsumsi makanan yang mengandung zat besi. Salah satu jenis makanan yang memiliki mineral baik ini yaitu buah pisang. Manfaat pisang ini bisa berperan sebagai pembentuk hemoglobin atau sel darah merah. Jika hemoglobin di dalam darah cukup, maka risiko anemia bisa dihindari.

6. Menurunkan Hipertensi

Selain kurang darah, ada penyakit lain yang muncul pada sistem peredaran manusia yakni hipertensi atau yang juga dikenal sebagai darah tinggi. Penyakit ini muncul jika tekanan darah di dalam tubuh naik drastis di atas batas normal.

Kandungan kalium yang ada di dalam pisang bisa membantu menurunkan tekanan darah secara alami. Hanya saja manfaat ini tidak akan optimal jika anda tidak menjaga pola hidup sehat lainnya. Untuk menurunkan tekanan darah, anda juga harus mengurangi makanan yang tinggi garam dan lemak serta menggantinya dengan makanan yang lebih sehat.

7. Meningkatkan Konsentrasi

Ketika tubuh merasa lelah mungkin kita akan dengan mudah hilang konsentrasi. Padahal hal tersebut akan sangat menggangu aktivitas. Untuk meningkatkan konsentrasi tubuh membutuhkan asupan makanan bergizi.

Salah satu makanan yang dipercaya bisa meningkatkan konsentrasi yaitu buah pisang. Sebab, pisang memiliki kandungan potasium yang bsia melancarkan oksigen ke otak, dengan demikian otak akan lebih mudah konsentrasi dan aktivitas tidak akan terganggu.

8. Mencegah Stroke

Kandungan kalium yang ada di dalam buah pisang ternyata memiliki manfaat untuk mencegah penyakit stroke. Konsumsi pisang dengan rutin, bisa memenuhi kebutuhan nutrisi di dalam tubuh. Kandungan nutrisi inilah yang akan membuat tubuh anda menjadi sehat dan terhindar dari berbagai penyakit termasuk stroke.

9. Mengatasi Masalah Asam Lambung

Buah ini memiliki sifat antasida alami yang bisa menetralkan  asam lambung. Pisang juga memiliki kandungan flavonoid yang bisa membantu meningkakan membran muku di dalam lambung sehingga tukak lambung bisa dicegah. Namun pastikan untuk konsumsi pisang yang rasanya manis. Sebeba buah pisang yang masam juga bisa membuat lambung menjadi perih.

Manfaat Pisang untuk Pria

Buah pisang juga ternyata memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan pria. Ada beberapa manfaat pisang untuk pria. Ini dia daftar manfaatnya:

1. Mengatasi Kram Otot

Manfaat pisang untuk pria yang pertama yakni bisa mengatasi kram otot. Aktivitas fisik yang berlebihan seringkali menyebabkan kram otot. Kondisi ini bisa saja dirasakan saat sedang olahraga, biasanya disebabkan karena kurangnya pemanasan. Ternyata kandungan kalium yang ada di dalam buah pisang bisa mengatasi masalah kesehatan yang satu ini.

2. Meningkatkan Produksi Sperma

Buah pisang yang kaya akan asam folat ternyata baik untuk meningkatkan produksi sperma. Selain asam folat, kandungan mineral lain di dalam buah pisang seperti zink dan kalium juga berperan besar dalam proses pembentukan sperma pada laki-laki.

3. Menambah Stamina

Banyaknya aktivitas yang dilakukan setiap hari biasanya menyebabkan cepat lelah dan letih. Untuk mengatasi masalah tersebut maka anda perlu mengkonsumsi makanan yang bernutrisi. Buah pisang bisa menjadi salah satu pilihan buah yang baik dikonsumsi setiap harinya.

4. Meningkatkan Produksi Testosteron

Hormon testosteron sangat penting bagi pria. Hormon ini sebenarnya terbentuk secara alami. Akan tetapi ada juga makanan yang bisa memacu produksi dari hormon tersebut salah satunya buah pisang. Kandungan nutrisi yang ada di dalam buah ini ternyata memiliki peranan cukup besar untuk meningkatkan hormon testosteron.

Manfaat Pisang untuk Wanita

Buah dengan cita rasa dominasi manis ini juga bermanfaat untuk menjaga kesehatan wanita. Ada beberapa manfaat buah pisang untuk wanita. Berikut ini penjelasannya.

1. Mengurangi Sindrom Pramenstruasi

Sindrom pramenstruasi atau sering disebut PMS merupakan hal yang bisa diakatakan menyebalkan. Sebab pada masa ini, perempuan akan banyak mengalami perubahan, mulai dari badan yang terasa lebih lelah, mood swing, hingga rasa tidak nyaman lainnya.

Untuk mengatasi hal tersebut ternyata buah pisang bisa menjadi solusinya. Kandungan vitamin B6 di dalam buah ini bisa menjaga agar kadar glukosa dalam darah lebih stabil dan gejala PMS lebih bisa dikurangi.

2. Mencegah Cacat pada Bayi

Manfaat pisang ini akan dirasakan oleh ibu hamil. Kandungan asam folat yang ada di dalam buah pisang ternyata memiliki peranan yang sangat penting terutama untuk mencegah cacat pada bayi. Selain itu, asam folat ini berperan dalam proses pembuatan sel baru. Selain itu, kandungan mineral dan vitamin lainnya juga sangat baik untuk menjaga kesehatan ibu hamil dan bayi yang dikandungnya.

3. Membantu Perkembangan Sistem Saraf pada Bayi di Kandungan

Pada masa kehamilan muda atau trimester pertama, nutrisi dan vitamin ibu hamil harus dipenuhi agar bayi yang dikandungnya bisa tumbuh dengan sehat. Manfaat buah pisang ini ternyata berperan dalam membantu perkembangan sistem saraf pada bayi. Kandungan vitamin B6 inilah yang membuat bayi tumbuh dan berkembang dengan sehat termasuk dalam hal pembentukan sistem saraf.

4. Mengatasi Mual dan Muntah Saat Hamil

Manfaat pisang untuk wanita berikutnya yakni bisa dirasakan saat wanita sedang hamil. Ibu hamil biasanya akan merasakan mual dan muntah, untuk mengatasi hal tersebut bisa dilakukan dengan memperbanyak konsumsi buah pisang. Karena buah yang stau ini memiliki kandungan vitamin B6 yang baik untuk mengatasi morning sickness pada ibu hamil.

5. Menguatkan Tulang

Kesehatan tulang pada wanita hamil dan bayinya menjadi perhatian yang sangat penting. Sebab wanita hamil sedang harus menopang berat badan yang meningkat drastis. Untuk itu, kekuatan tulang sangat diperlukan. Kalsium yang ada di dalam pisang, bisa meningkatkan kekuatan pada tulang ibu hamil. Selain itu, kalsium ini baik untuk kesehatan bayi yang ada di dalam kandungan.

6. Menjaga Kesehatan Kulit

Perempuan pasti akan memperhatikan kulit dengan baik. Hal ini dibuktikan dengan banyaknya produk perawatan kulit untuk para perempuan. Agar bisa mendapatkan kulit yang sehat dan cantik, Anda bisa memperbanyak konsumsi buah pisang. Manfaat pisang untuk wanita ini karena memiliki kadnungan vitamin C dan antioksidan yang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit. Antioksidan ini juga bisa menangkal radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab penuaan diri.

Nah, itu dia manfaat pisang untuk kesehatan yang akan anda rasakan jika mengkonsumsi makanan ini dengan rutin dan dalam jumlah yang wajar. Penuhi juga kebutuhan nutrisi dari makanan sehat lainya agar tubuh tetap sehat dan bugar.

Editor: Redaksi
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait