10 Hewan Tertinggi di Dunia yang Hidup di Darat

Dwi Latifatul Fajri
22 Februari 2022, 09:34
Hewan Tertinggi di Dunia
Adi Maulana Ibrahim|Katadata
Hewan Tertinggi di Dunia adalah jerapah

Hewan tertinggi di seluruh dunia adalah Paus Biru. Berat hewan mamalia air ini mencapai 400.000 pound atau sekitar 33 gajah. Sedangkan panjang rata-rata paus biru sekitar 30 meter. Meski memiliki tubuh besar, makanan paus biru adalah udang kecil dan krill. Paus biru termasuk hewan yang mengeluarkan suara paling keras di bumi.

Mengutip dari worldwildlife.org, suara yang dikeluarkan hewan ini lebih keras dari mesin jet. Suara frekuensi rendah paus biru bisa terdengar sampai ratusan mil. Fungsi suara ini untuk menarik paus biru yang lain.

Jika Paus Biru disebut hewan tertinggi di dunia, bagaimana dengan hewan yang hidup di darat? Berikut daftar 10 hewan tertinggi yang tinggal di darat berdasarkan cara berdirinya.

Hewan Tertinggi di Dunia

1. Jerapah

KENYA-ENVIRONMENT/ELEPHANTS
KENYA-ENVIRONMENT/ELEPHANTS (ANTARA FOTO/REUTERS/Thomas Mukoya/foc/cf)

Jerapah terkenal dengan kaki dan leher panjang. Fungsi leher panjang ini untuk menjangkau daun-daun yang berada di pohon yang tinggi.

Tinggi jerapah sekitar 6 meter (20 kaki). Mereka ditemukan di sabana benua Afrika. Jika diukur berdasarkan cara berdiri, jerapah jantan memiliki ketinggian 6 meter, sedangkan jerapah betina setinggi 5,2 meter.

Tidak heran jika jerapah menjadi hewan tertinggi di dunia yang tinggal di darat. Memiliki badan tinggi, berat badan jerapah sekitar 1.360 kg.

2. Gajah Afrika

Gajah Afrika berada di peringkat kedua hewan tertinggi di dunia yang ada di darat. Tinggi hewan yang memiliki belalai ini sekitar 4 meter untuk gajah jantan.

Berat badan gajah Afrika mencapai 6.000 kg untuk gajah dewasa. Mengutip dari elephantsforafrica.org, gajah Afrika konsumsi makanan sebanyak 4 sampai 7% dari berat badan.

3. Harimau Siberia

Harimau Siberia
Harimau Siberia (pixabay.com/Pixel-mixer)
 

Habitat asli Harimau Siberia berada di Rusia Tenggara (Siberia Tenggara). Tinggi hewan karnivora ini mencapai 3,7 meter jika berdiri.

Selain itu Harimau Siberia dijuluki sebagai kucing terpanjang daripada kucing besar lain. Panjang rata-rata harimau ini sekitar 3,3 meter dan panjang ekor mencapai 1 meter. Berat badan Harimau Siberia jantan mencapai 320 kg, sedangkan betina sekitar 180 kg.

Harimau Siberia tinggal di daerah bersalju dan dingin. Seperti harimau jenis lain, mereka memiliki pola belang. Tetapi macan Siberia memiliki surai dan bulu yang lebih tebal untuk menghangatkan tubuh.

4. Harimau

Harimau termasuk jenis kucing besar yang berada di peringkat 4 hewan tertinggi. Ketika berdiri tinggi mereka mencapai 3,6 meter.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...