7 Manfaat Minyak Wijen yang Sayang untuk Dilewatkan

Siti Nur Aeni
27 Mei 2022, 17:27
7 Manfaat Minyak Wijen yang Sayang untuk Dilewatkan
pixabay.com
Ilustrasi, minyak wijen yang kaya manfaat untuk kesehatan tubuh

Apakah Anda pernah memasak menggunakan minyak wijen? Seperti namanya, minyak ini terbuat dari ektrak biji wijen. Minyak wijen diketahui memiliki sederet manfaat untuk kesehatan. Lantas, apa saja manfaat minyak wijen untuk tubuh? Simak menjelasan lengkapnya berikut ini.

Kandungan Minyak Wijen

Minyak wijen memiliki rasa khas yang tidak berbeda jauh dengan biji wijen. Tak hanya rasanya yang khas, minyak wijen juga diketahui memiliki sederet kandungan nutrisi yang berguna untuk kesehatan. Menurut penjelasan di hellosehat.com, dalam 10 gram minyak wijen terdapat beberapa kandungan nutrisi, sebagai berikut:

  • 88 kkal energi.
  • 0,02 gram protein.
  • 10 gram lemak.
  • 0,001 miligram vitamin B1.
  • 0,007 miligram vitamin B2.
  • 01 miligram vitamin B3.
  • 1 miligram kalsium.
  • 0,5 miligram fosfor.
  • 0,01 miligram zat besi.
  • 0,2 miligram natrium.
  • 2 miligram kalium.

Tak hanya itu, minyak wijen juga diketahui memiliki kandungan zat antioksidan, antimikroba, dan antiradang.

Kegunaan Minyak Wijen

Sejumlah kandungan nutrisi yang ada dalam minyak wijen membuat bahan masakan ini memiliki beragam manfaat untuk tubuh. Menurut penjalasan di hellosehat.com, berikut beberapa manfaat minyak wijen untuk tubuh yang perlu diketahui.

1. Memelihara Kesehatan Jantung

Minyak wijen diketahui mengandung banyak lemak, namun 82% lemak yang ada dalam minyak wijen termasuk lemak tak jenuh. Jenis lemak ini diketahui bisa menurunkan kolesterol low density lipopritein (LDL) dan trigliserida yang membuat jantung lebih sehat.

Sebuah penelitian di tahun 2013 membuktikan bahwa minyak wijen lebih ampun untuk menurunkan kolesterol dibandingkan minyak zaitun. Pada studi yang dilakukan terhadap hewan, pemberian minyak zaitun diketahui bisa menurunkan risiko penyakit jantung.

2. Mengontrol Gula Darah

Minyak wijen juga dipercaya bisa mengontrol gula darah. Fungsi minyak wijen ini baik untuk penderita diabetes. Hal tersebut sesuai dengan penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the American College of Nutrition yang melibatkaan 46 penderita diabetes tipe 2.

Pada penelitian tersebut terbukti konsumsi minyak wijen selama 90 hari terbukti mampu menurunkan kadar gula darah puasa dan hemeglobin A1c. Penutunan hemeglobin A1c ini membuktikan bahwa kadar gula darah telah menurun dan menjaadi lebih terkontrol dalam waktu lama.

3. Mengurangi Rasa Nyeri

Minyak wijen diketahui mengandung antiinflamasi yang dipercaya bisa meredakan nyeri sendi, sakit gigi, bahkan nyeri haid. Sebuah penelitian terhadap hewan membuktikan bahwa minyak ini mampu menghambat produksi zat yang menyebabkan peradangan. Walaupun demikian, manfaat minyak wijen yang satu ini masih perlu penelitian lebih lanjut.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...