Memahami 7 Cara Mengobati Kucing Batuk Pilek

Destiara Anggita Putri
13 Oktober 2022, 13:36
Cara Mengobati Kucing Batuk Pilek
Unsplash
Ilustrasi, kucing.

Sebagai pemilik kucing, Anda pastinya ingin hewan peliharaan Anda tersebut terus dalam kondisi yang sehat. Namun, tidak bisa dipungkiri ada banyak penyakit yang bisa menyerang kucing Anda kapan saja.

Batuk pilek merupakan salah satu penyakit yang sering terjadi pada kucing. Penyebabnya sendiri bisa dikarenakan oleh virus, bakteri atau yang lainnya.

Bila kucing Anda juga sedang batuk pilek, Anda harus segera bertindak agar kondisinya tidak semakin parah. Oleh karena itu, Anda perlu melakukan tujuh cara mengobati kucing batuk pilek di bawah ini agar mereka cepat sembuh.

1. Bersihkan Mata, Hidung, dan Mulut

Ketika kucing Anda sedang batuk pilek, pastinya bagian mata, hidung dan mulut akan dipenuhi dengan kotoran. Hal ini dikarenakan frekuensi kucing mengeluarkan lendir ketika sedang batuk pilek akan lebih sering dari biasanya. 

Jika lendir  ini dibiarkan terlalu lama. pastinya kucing Anda tidak akan merasa nyaman. Oleh  karena itu, Anda perlu membersihkan kotoran pada area tersebut dengan kain yang lembut atau tisu basah.. 

2. Berikan Makanan yang Mudah Ditelan dan Beraroma Kuat

Terkadang,  kucing tidak memiliki nafsu makan ketika terserang batuk pilek. Hal ini disebabkan karena rasa sakit pada tenggorokan yang terkadang muncul sehingga mempengaruhi nafsu makan mereka.  Selain itu, penyakit ini  juga seringkali membuat kucing sulit mencium aroma makanan. 

Bila hal ini dibiarkan, tentunya akan memperparah batuk pilek pada kucing. Bila kucing Anda dalam kondisi yang sama, Anda bisa memberikannya  makanan yang mudah ditelan dan beraroma kuat untuk meningkatkan nafsu makan kucing Anda. 

Berikan makanan seperti ikan sarden, ayam panggang, atau tuna.  Anda juga bisa mencampurkan air ke makanan kucing agar lebih mudah ditelan. Suapi kucing Anda bila perlu jika kucing Anda tidak mau makan/

Anda juga perlu memberikan mereka makanan yang mengandung vitamin B. Ada banyak makanan olahan yang mengandung vitamin B yang bisa dibeli di petshop.

3. Tambahkan Asupan Cairan

Menjaga asupan cairan sangat penting dilakukan untuk mengobati kucing yang sedang batuk pilek . Alansya cara ini bisa membantu mengurangi penumpukan lendir di saluran udara atau rongga tubuh.

Bila kucing Anda susah minum air, Anda bisa  mengatasinya dengan mencampurkan air ke mantan mereka. Dengan  demikian kucing Anda tetap terhidrasi dengan baik.

Anda juga bisa mengisi mangkuk air minum mereka dengan air yang bersih, segar, dan siap diminum. Taruh mangkuk di tempat yang bisa terlihat dan dijangkau oleh kucing Anda agar mereka bisa minum kapan saja.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...