Hanya Penanganan Awal, Ini Cara Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Tifani
Oleh Tifani
19 Oktober 2022, 10:41
mengobati kutu air dengan pasta gigi
Katadata
Ilustrasi, pasta gigi yang dapat dimanfaatkan sebagai penanganan awal kutu air.

Mengobati kutu air dengan pasta gigi menjadi salah satu tips yang dianggap ampuh oleh masyarakat. Meski disebut ampuh mengatasi gejala gatal yang muncul, tetapi cara ini hanya merupakan langkah penanganan awal.

Dikutip dari laman goodoctor.co.id, kutu air atau tinea pedis adalah infeksi jamur dermatofita yang biasanya mulai terjadi di antara jari-jari kaki. Kondisi ini biasanya terjadi pada orang yang kakinya menjadi sangat berkeringat saat terkurung dalam sepatu yang ketat.

Untuk menyembuhkan kutu air, seseorang bisa mengunjungi dokter spesialis kesehatan kulit untuk mendapatkan resep berupa salep maupun obat menangani infeksi jamur ini.

Namun, tidak ada salahnya jika penderita kutu air mencoba perawatan di rumah dengan menggunakan bahan-bahan sederhana, seperti pasta gigi. Memang terdengar aneh, namun pasta gigi memiliki kandungan yang dapat mengobati kutu air, meski tidak seampuh obat-obatan yang diresepkan dokter.

Mengobati Kutu Air dengan Pasta Gigi

Mengobati kutu air dengan pasta gigi menjadi cara penanganan awal yang bisa dilakukan. Ini juga merupakan cara termudah yang dapat dilakukan di rumah, untuk menangani penyakit kutu air.

Mengutip pyfahealth.com, penanganan kutu air dengan menggunakan pasti gigi memungkinkan untuk dilakukan, karena pasta gigi mengandung bahan yang dapat mengusir bakteri, meredakan nyeri, dan mengembalikan sel-sel kulit mati. Bahan-bahan yang dimaksud, antara lain:

  • Kalsium karbonat, magnesium trisilikat, dan dikalsium fosfat dihidrat. Sejumlah kandungan ini, dapat mengusir bakteri di kulit yang gatal akibat dihinggapi jamur kulit atau kutu air.
  • Rasa mint pada pasta gigi dapat meringankan gejala kutu air.
  • Koloid hidrofilik sebagai zat pengikat dalam. Kandungan zat pengikat pada pasta gigi dapat berfungsi menstabilkan kulit kembali ke formulasi awal. Bisa dikatakan, zat ini mampu memperbaiki sel kulit mati yang dirusak kutu air pada kulit kaki.

Seseorang bisa menggunakan pasta gigi untuk penanganan awal kutu air. Namun, mengobati kutu air sebaiknya dilakukan dengan tepat, agar kutu air tidak menyebar luas dan radang, bahkan tumbuh di daerah kulit sekitarnya. Jika infeksi terus terjadi dan tak kunjung sembuh, sebaiknya segera ke dokter.

Pengobatan Kutu Air secara Efektif

Mengobati kutu air dengan pasta gigi mungkin aman. Namun, ini tidak mampu mengatasi atau menuntaskan masalah kutu air yang dialami secara efektif. Sebab, seperti telah disebutkan sebelumnya, penggunaan pasta gigi ini hanya merupakan penanganan awal, bukan sepenuhnya mengobati.

Alih-alih hanya mengandalkan pasta gigi, penderita kutu air sebaiknya hanya menjadikan cara ini sebagai penanganan awal dan untuk meredam gejala. Setelah itu, melakukan penanganan efektif menggunakan obat anti jamur yang dijual bebas di apotek.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...