Pemerintah Kesulitan Cari Lokasi Strategis untuk Bangun Kilang

Safrezi Fitra
17 September 2015, 20:02
Kilang Minyak
KATADATA

KATADATA ? Pemerintah mengaku kesulitan untuk mencari lokasi pembangunan kilang baru. Dari empat kilang yang rencananya akan dibangun tahun depan, hanya satu lokasi yang sudah bisa siap, yakni di Bontang, Kalimantan Timur.

Menteri Keuangan Bambang Brodjonegoro mengatakan penyediaan untuk kilang tidak mudah. Makanya hingga saat ini hanya Bontang. Lahan di Bontang seluas 50 hektare memang dinilai siap paling siap, karena tidak perlu lagi melakukan pembebasan lahan. Lahan ini dimiliki oleh Kementerian Keuangan.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Siapkan Lahan untuk Bangun 4 Kilang Minyak Baru)

Lokasi pembangunan kilang di Bontang berdekatan dengan kilang kilang gas alam cair (liquefied natural gas/LNG). Setidaknya ada fasilitas bersama yang bisa digunakan kilang gas dan kilang minyak tanpa harus membangun fasilitas baru.

Meski demikian, Bambang menilai pembangunan kilang di Bontang tidak ideal, karena konsumsi minyak di daerah tersebut tidak besar. Idealnya pembangunan kilang dilakukan di Jawa, yang kebutuhan bahan bakar minyak dan produk minyak lainnya besar.

?Kalimantan Timur itu memang gak ideal untuk bangun kilang, karena demand adanya di Jawa,? kata Bambang saat Dialog Energi di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis (17/9).

Pemerintah sebenarnya sudah menetapkan lokasi pembangunan kilang di Jawa Timur, yakni di Tuban. Lahannya dimiliki oleh Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup. Namun hingga kini, proses perizinan lahannya belum juga selesai. Pembebasan lahan dan izin alih fungsi lahan belum ada. (Baca: Lahan di Bontang Paling Siap dari Empat Proyek Kilang Tahun Depan)

Halaman:
Reporter:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement