Pertamina Siapkan Swasembada Energi

Redaksi
Oleh Redaksi
10 November 2014, 10:27
Pertamina - KATADATA | Arief Kamaludin
KATADATA | Arief Kamaludin

KATADATA ? Pertamina menyiapkan sejumlah program untuk mencapai swasembada energi dalam lima sampai enam tahun mendatang. Perusahaan mingak dan gas bumi negara ini sudah menusun peta jalan (road map) kemandirian energi yang bertumpu pada peningkatan produksi minyak mentah dan diversifikasi energi.

Beberapa program pemerintah adalah ekspansi ke luar negeri, meningkatkan produksi lapangan yang sudah beroperasi, serta merawat lapangan-lapangan tua. ?Ini semua harus dikerjakan. Lalu mengurangi sebagian pemakaian BBM (bahan bakar minyak) dengan mengonversi ke BBG (bahan bakar gas),? ujar Husen, seperti dikutip harian Kontan, Senin (10/11).

Menurut Husen, Pertamina baru saja melakukan ekspansi ke Al Jazair dan Iran, yang masing-masing menghasilkan 21.000 dan 40.000 barel per hari. Saat ini Pertamina telah memiliki tim khusus yang bertugas mencari peluang eksplorasi di negara lain, agar bisa terus berekspansi di luar negeri. Tim ini sudah melihat beberapa kemungkinan negara untuk dijajaki, diantaranya Mozambik dan Venezuela. Di Asia Tenggara, Pertamina berencana ekspansi ke Malaysia dan Vietnam.

Pertamina berencana menerapkan program enhanced oil recovery (EOR), yang bisa meningkatkan produksi hingga 100.000 barel per hari. Selain itu Pertamina juga akan semakin giat melakukan eksplorasi untuk menambah cadangan migas. Untuk menggenjot produksi, perusahaan ini akan meminta pengelolaan Blok Mahakam kepada pemerintah, tahun ini.

Jika semua program berjalan, Pertamina optimistis bisa memproduksi hingga 2,2 juta barel setara minyak pada 2025. Sementara dalam lima tahun mendatang, produksi pertamina bisa mencapai 800.000 barel per hari, sehingga sudah bisa swasembada energi.

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...