Pemerintah Susun Tahapan Vaksinasi Covid-19

Image title
4 November 2020, 09:51
vaksin virus corona, covid-19, virus corona, pandemi corona, pandemi, jakarta, gerakan 3m
ANTARA FOTO/Arif Firmansyah/foc.
Petugas medis mencatat data warga saat proses simulasi ujicoba vaksinasi COVID-19 di Puskesmas Tanah Sareal, Kota Bogor, Jawa Barat, Minggu (4/10/2020). Pemerintah mempertimbangkan berbagai hal termasuk distribusi dan keamanan sebelum vaksinasi Covid-19.

Satgas Penanganan Covid-19 tengah mempersiapkan program vaksin virus corona. Peta jalan vaksinasi pun sudah dalam tahap finalisasi. 

Juru Bicara Satgas Penanganan Covid-19 Prof. Wiku Adisasmito menjelaskan peta jalan tersebut mencakup kandidat vaksin dan penyusunan tahapan prioritas penerima vaksin. Dalam penyusunan peta jalan tersebut, pemerintah mempertimbangkan berbagai hal.

Beberapa di antaranya ketersediaan vaksin, jumlah penduduk, wilayah berisiko, tahapan pemakaian, dan indeks pemakaian. "Roadmap juga mencakup perkiraan skema platform vaksin dan sasaran klaster kelompok, estimasi kebutuhan dan rencana pemberian vaksin," ujar Wiku dalam kanal YouTube Sekretariat Presiden pada Selasa (3/11).

Demi mencapai efektifitas vaksin yang maksimal, peta jalan bakan disusun dengan memperhatikan cold chain atau rantai dingin vaksin dan kapasitas SDM. Pasalnya, vaksinasi bakal melibatkan beberapa jenis tenaga kesehatan termasuk vaksinator. Selain itu, pemerintah mempersiapkan jejaring layanan untuk menjamin aliran distribusi dengan melibatkan lintas sektor.

Lebih lanjut, Wiku menyebut pemerintah telah mengkaji hal-hal penting lainnya yang tidak boleh diabaikan dalam persiapan vaksinasi nasional. Terutama mengenai keamanan, ketersediaan, serta mekanisme penyuntikan vaksin. Pemerintah pun melibatkan pendapat dari berbagai elemen baik lintas kementerian dan lembaga.

Di sisi lain, dia meminta masyarakat tetap waspada terhadap Covid-19. Pemerintah pun mendorong masyarakat untuk terus mematuhi protokol 3M, yaitu memakai masker, menjaga jarak, dan mencuci tangan sebagai upaya pencegahan.

"Kehadiran vaksin merupakan angin segar untuk kita semua, tetapi hingga vaksin siap. Bahkan meskipun vaksin sudah ada dan siap, kita pastikan masyarakat dan pemerintah mematuhi protokol 3M," kata dia.

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...