Komnas KIPI: Tak Perlu Khawatir dengan Efek Samping Vaksin Covid-19

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
21 Februari 2021, 14:12
VAKSINASI COVID-19 DOSIS KEDUA DI BANDUNG
ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.

Vaksinasi Covid-19 di Indonesia sudah dimulai sejak 13 Januari 2020 lalu. Pekan ini memasuki tahap berikutnya. Dengan demikian,  semakin banyak orang yang ditargetkan menjadi penerima vaksin. Namun, di saat yang bersamaan muncul juga kekhawatiran dari masyarakat terkait kejadian ikutan pascaimunisasi (KIPI) alia efek samping vaksin Corona.

Ketua Komnas KIPI Hindra Irawan Satari menjelaskan berdasarkan evaluasi dari vaksinasi yang sudah diberikan kepada tenaga kesehatan, efek samping yang terjadi masih bersifat ringan  dan tidak menimbulkan reaksi serius.

"Dari laporan KIPI yang masuk ke kami, semua bersifat ringan dan sesuai dengan yang dilaporkan jurnal-jurnal, dan di tempat lain, semua kondisinya sehat. Jadi, tidak ada yang memerlukan perhatian khusus sampai saat ini," katanya dikutip dari CNBC beberapa waktu lalu.

Adapun efek samping yang paling banyak ditemui adalah gatal dan mengantuk. Efek lainnya yang bersifat lokal, alias ada di lokasi penyutikan, dan banyak dialami adalah bengkak, kemerahan, dan pegal. Sedangkan gejala umum pascaimunisasi laiinya yang juga sering terjadi adalah demam, pusing, nafsu makan berkurang, dan nyeri otot.

Semua gejala ini menurut Hindra wajar terjadi dan pada kebanyakan kasus tidak memerukan penanganan serius.

Sementara itu, berdasarkan informasi dari Pusat Pusat Pengendalian Penyakit Amerika Serikat (CDC) pun, efek samping nyeri dan bengkak di lengan yang disuntikan, demam, menggigil, kelelahan, dan sakit kepala adalah gejala yang normal.

Bahkan menurut Sunita Posina, dokter internis dari Stony Brook New York, kondisi gejala seperti demam justru menjadi penanda vaksin bekerja. “Itu berarti tubuh Anda sedang mengajari sistem imun untuk mengenali dan melawan virus,” katanya seperti dikutip dari Livestrong.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...