KAI Sediakan Tes PCR Rp 195 Ribu Mulai Hari Ini, Di Stasiun Mana Saja?

Image title
Oleh Maesaroh
23 Desember 2021, 13:50
KAI, kereta, tes PCR, nataru, gerakan 3M
ANTARA FOTO/Akbar Nugroho Gumay/rwa.
Penumpang bersiap menaiki kereta api di Stasiun Pasar Senen, Jakarta, Selasa (21/12/2021). Data per Senin (20/12/2021) KAI Daop 1 mencatat jumlah penumpang keberangkatan di Stasiun Pasar Senen mencapai 4.589 orang.

PT Kereta Api Indonesia (KAI) akan melayani tes PCR (polymerase chain reaction) dengan tarif Rp 195.000 mulai hari ini, Kamis (23/12).  Layanan tes PCR disediakan di 17 stasiun selama periode Natal dan Tahun Baru 2022 (Nataru).

VP Public Relations KAI Joni Martinus mengatakan, hadirnya layanan tes PCR di Stasiun ini merupakan salah satu upaya KAI memberikan peningkatan pelayanan kepada pelanggan di masa Nataru ini.

"Layanan ini hadir guna membantu masyarakat dalam melengkapi persyaratan untuk naik kereta api di masa Nataru khususnya pelanggan dengan usia di bawah 12 tahun yang diwajibkan menunjukkan hasil negatif tes PCR mulai 24 Desember," kata Joni, dalam siaran pers, Kamis (23/12).

 Pada tahap awal, terdapat 17 Stasiun yang akan melayani tes PCR dengan rincian sebagai berikut:
Mulai 23 Desember
1. Gambir
2. Pasar Senen
3. Bandung
4. Kiaracondong
5. Cirebon Prujakan
6. Jatibarang
7. Babakan
8. Semarang Tawang
9. Yogyakarta
10. Solo Balapan
11. Surabaya Pasar Turi

Mulai 24 Desember
12. Cirebon
13. Purwokerto
14. Surabaya Gubeng
15. Malang
16. Madiun
17. Jember

"Nantinya jumlah stasiun yang akan melayani tes PCR di Stasiun akan ditambah secara bertahap," tambahnya.

 Layanan tes PCR di stasiun ini merupakan wujud Sinergi BUMN antara KAI dengan Rajawali Nusantara Indonesia melalui anak usahanya yaitu Rajawali Nusindo serta Indofarma melalui anak usahanya yaitu Farmalab Indo utama, serta pihak-pihak lainnya.

Untuk dapat melakukan tes PCR di stasiun, calon penumpang harus menunjukkan kartu identitas dan tiket atau kode booking KA Jarak Jauh yang sudah dibayarkan.

Pemeriksaan RT-PCR di Stasiun mulai beroperasi pada hari ini, Kamis (23/12) -  2 Januari 2022 . Adapun jam operasional layanan RT-PCR di Stasiun Gambir berlangsung pada pukul 06.00- 21.00 WIB dan untuk Stasiun Pasar Senen pukul 05.00- 22.30 WIB .

Hasil tes PCR akan keluar maksimal 1x24 jam setelah pengambilan sampel melalui email pelanggan serta sudah terintegrasi dengan aplikasi Peduli Lindungi.

"Calon pelanggan agar memperhitungkan waktu tes dan keberangkatannya agar masa berlaku hasil tes PCR nya masih valid," tuturnya.

 Sebagai informasi, tes Covid-19 seperti Antigen dan PCR, menjadi syarat perjalanan dengan menggunakan kereta api.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...