6 Daerah Penghasil Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Dwi Latifatul Fajri
3 Februari 2022, 13:50
Tambang Emas Terbesar di Indonesia
ANTARA FOTO/Syifa Yulinnas/foc.
Daerah Penghasil Tambang Emas Terbesar di Indonesia

Indonesia memiliki sumber daya energi potensial, salah satunya tambang emas. Saat ini sudah ada perusahaan tambang emas yang berada di beberapa daerah.

Emas termasuk logam mulia yang dimanfaatkan untuk bahan penyepuh, perhiasan, membuat huruf emas, fotografi, dan alat laboratorium. Sedangkan perak dimanfaatkan untuk perhiasan, campuran logam, solder perak dan alat presisi.

Berdasarkan Databoks Katadata, perusahaan penghasil emas terbesar yang ada di Indonesia adalah PT Antam (Persero). Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) mencatat produksi emas PT Antam, melalui UBPPP LM sebanyak 44,13 ton di tahun 2019.

Mengutip dari esdm.go.id, Indonesia memiliki cadangan minyak sebesar 2.600 ton. Indonesia masuk dalam 5 besar di dunia yang mempunyai bahan baku emas di dunia. Sumber cadangan emas di Indonesia tersebar di Sumatera, Sulawesi, Papua, Maluku, dan Jawa. Sebanyak 52% jumlah cadangan bijih emas terbesar di Indonesia berada di Papua.

Tambang Emas Terbesar di Indonesia

1. Maluku dan Papua

Maluku dan Papua memiliki sumber daya emas dan perak yang potensial. Daerah tambang emas terbesar di Indonesia adalah Papua. Cadangan emas di Papua saat ini sebanyak 1.876 juta ton biji dan 1.875 juta ton biji untuk cadangan perak.

Mengutip dari akseleran.co.id, Tembagapura yang berada di Provinsi Papua menyimpan cadangan emas terbanyak di Indonesia. Lokasi tambang terbesar adalah tambang Grasberg yang kepemilikan ada di PT Freeport Indonesia.

2. Nusa Tenggara

Nusa Tenggara memiliki cadangan emas sebanyak 507 juta ton bijih. Sedangkan cadangan perak memiliki cadangan sebanyak 490 juta ton biji.

Daerah Sumbawa, di Nusa Tenggara Barat termasuk daerah tambang emas terbesar kedua setelah Tembagapura. Tambang ini dikelola oleh PT Amman Mineral Nusa Tenggara.

Halaman:
Editor: Safrezi
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...