5 Ikan Koi Termahal Di Dunia, Harganya Mencapai Rp2,8 Miliar

Siti Nur Aeni
3 Februari 2022, 16:35
5 Ikan Koi Termahal Di Dunia, Harganya Mencapai Rp2,8 Miliar
Unsplash/Jason Leung
Ikan koi adalah salah satu jenis ikan hias air tawar

Ikan koi adalah jenis ikan hias yang cukup banyak digemari. Ikan ini memiliki corak di tubuh yang indah dan unik. Popularitasnya ini membuat harganya relatif mahal. Bahkan ada beberapa ikan koi termahal di dunia yang dibandrol hingga miliaran rupiah.

Jenis Ikan Koi Termahal di Dunia

Ikan hias ini memiliki corak yang cukup variatif dan corak tersebutlah yang menjadi salah satu faktor penentu harga ikan hias air tawar ini. Dengan demikian, semakin bervariasi coraknya maka semakin mahal juga harganya. Mengutip dari finansialku.com, berikut lima harga ikan koi termahal di dunia.

1. Koi Black Dragon

Ikan koi termahal yang pertama yaitu jenis Black Dragon. Ikan ini dibandrol dengan harga Rp2,8 miliar per ekor. Nilai tersebut dipegang oleh ikan Black Dragon yang dilelang di Momotaro Farm, Okayama, Jepang.

Ada beberapa hal yang menyebabkan harga ikan tersebut selangit. Pertama, faktor peternakan. Momotaro Farm merupakan pertenakan yang mengutamakan kualitas ikan koi yang dimilikinya. Semua jenis koi yang ada di tempat tersebut dirawat secara profesional sehingga menghasilkan kualitas koi terbaik di dunia.

Faktor ke dua yang menyebabkan Black Dragon sebagai ikan termahal di dunia yaitu karena jenis tersebut termasuk ikan yang langka. Populasinya di dunia cukup sedikit.

Hal ke tiga yang menjadikan harganya mahal yaitu terlihat pada coraknya yang indah. Ikan koi ini memiliki perpaduan warna merah, hitam, dan putih yang indah.

2. Koi Dainichi Showa

Pada pelelangan ikan bulan November 2013, ikan koi Dainichi Showa dijual dengan harga selangit hingga mencapai Rp2,1 miliar. Harga tersebut didapatkan karena ikan ini memiliki tubuh yang sempurna dengan corak unik.

Secara umum jenis koi Dainichi Showa dihargai sekitar Rp100 juta per ekor. Meskipun lebih murah dibandingkan harga saat pelelangan, namun Dainichi Showa masih relatif lebih mahal dibandingkan jenis ikan hias lain.

3. Koi Maruten Kohaku

Ikan koi termahal di dunia lainnya yaitu Maruten Kohaku. Ikan koi ini pernah dijual seharga Rp1,1 miliar saat pelelangan di Nigata, Jepang tahun 2010 lalu. Ikan koi Maruten Kohaku mempunyai tubuh baik dan sempurna dengan panjang lebih dari 60 cm.

Hal lain yang juga membuat harganya mahal yaitu pada coraknya. Maruten Kohaku memiliki corak berwarna merah dengan dibagian atas berwarna putih, sehingga membuatnya sangat cantik.

4. Koi Blue Showa

Saat pelelangan ikan di Farm Dainchi Koi, ikan jenis Blue Showa dijual dengan harga sekitar Rp700 juta. Harga ikan koi termahal ini karena corak tubuhnya yang menarik. Corak koi Blue Showa ini memiliki perpaduan warna merah, hitam dan putih di seluruh tubuhnya.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...