Jumlah Pemain Bola Kasti dan Formasi yang Perlu Diketahui

Siti Nur Aeni
11 Juni 2022, 15:48
Jumlah Pemain Bola Kasti dan Posisinya yang Penting untuk Dipahami
pixabay.com
Ilustrasi permainan bola kasti

Permainan bola kasti tidak asing bagi sebagian masyarakat Indonesia. Olahraga yang satu ini sekilas mirip dengan baseball dan softball. Untuk bermain kasti harus mengumpulkan banyak orang, karena jumlah pemain bola kasti dalam satu regu cukup banyak.

Di kesempatan kali ini, kita akan mengulas seputar olahraga bola kasti dari pengertian hingga jumlah pemain lengkap dengan posisinya. Penasaran? Simak penjelasan berikut ini untuk mendapatkan informasi lengkapnya.

Apa Itu Permainan Bola Kasti?

Menurut penjelasan di Gramedia.com, permainan yang dimainkan oleh dua tim dengan cara melempar, menangkap, dan memukul bola menggunakan tongkat. Bola yang digunakan dalam permainan ini yaitu bola tenis berukuran kecil.

Permainan bola kasti termasuk permainan tradisional yang mengedepankan kerja sama, kekompakan, ketangkasan, dan kesenangan. Permainan ini terbagi atas dua tim dengan tugas sebagai penjaga dan pemukul.

Tim yang bertugas sebagai penjaga harus berupaya menangkap bola yang dipukul tim pemukul. Bola yang berhasil ditangkap akan dimainkan sehingga bola bisa ditembakkan ke regu pemukul yang tengah berlari untuk pindah pos.

Perpindahan pos tersebut tujuannya agar pemain regu pemukul bisa kembali ke tempat asalnya atau yang disebut dengan ruang bebas. Apabila di tengah perjalanan menuju tempat asalnya, bola mengenai tim pemukul yang sedang berlari, maka pemain tersebut dinyatakan mati.

Akibatnya, kedua regu akan bertukar posisi. Regu yang sebelumnya menjadi pemukul kini bertugas sebagai regu penjaga.

Tujuan dan Manfaat Permainan Bola Kasti

Sama seperti jenis olahraga lainnya, kasti juga memiliki sejumlah tujuan dan manfaat. Mengutip dari Gramedia.com, berikut beberapa tujuan dan manfaat dari permainan bola kasti.

  1. Melestarikan olahraga tradisional.
  2. Menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh.
  3. Meningkatkan rasa sportivitas antar pemain.
  4. Meningkatkan pemahaman terkait peraturan permainan.
  5. Meningkatkan kemampuan penggunaan strategi dan teknik dalam permainan beregu.
  6. Mempererat hubungan pertemanan dan kerja sama.
  7. Melatih kemampuan komunikasi dan kerja sama.
  8. Menjadi wadah untuk mengekspresikan diri dan melatih kreativitas.
  9. Mendapatkan olahraga yang murah namun tetap menyehatkan.

Jumlah Pemain Bola Kasti dan Posisinya

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, bahwa permainan bola kasti ini melibatkan banyak pemain. Menurut keterangan di sportstarts.id, jumlah pemain bola kasti ini sebanyak 12 orang dalam satu regu dengan 5 diantaranya sebagai cadangan.

Halaman:
Editor: Intan
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...