Mengenal 7 Suku Terbesar di Indonesia

Image title
26 Juli 2022, 15:04
suku terbesar di Indonesia
ANTARA FOTO/Maulana Surya/tom.
Ilustrasi, putra mahota penerus tahta Keraton Kasunanan Surakarta Hadiningrat Kanjeng Gusti Pangeran Harya Puruboyo atau KGPH Puruboyo (tengah) dan keluarga Keraton Surakarta.

Sebagai negara kepulauan, ada banyak suku bangsa yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Berdasarkan data Sensus Penduduk (SP) 2010 oleh Badan Pusat Statistik (BPS), ada sekitar 1.340 suku bangsa yang ada di Indonesia.

Dari ribuan suku bangsa tersebut, ada suku-suku yang memiliki jumlah populasi terbanyak sehingga disebut sebagai suku terbesar di Indonesia.

Pada artikel kali ini akan dibahas apa saja suku terbesar yang ada di Indonesia. Namun sebelumnya, akan dijabarkan pengertian suku bangsa dan penyebab keberagaman suku di Indonesia.

Suku Bangsa dan Keberagamannya

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), suku bangsa adalah kesatuan sosial yang dapat dibedakan dari kesatuan sosial lain, berdasarkan kesadaran akan identitas perbedaan kebudayaan, khususnya bahasa.

Sementara itu, menurut Koentjaraningrat dalam bukunya berjudul "Pengatar Ilmu Antropologi”, suku bangsa adalah suatu golongan manusia yang terikat oleh kesadaran dan identitas dalam kesatuan kebudayaan. Kesadaran identitas dikuatkan oleh kesatuan bahasa.

Seperti diketahui, ada beberapa nama suku bangsa di Indonesia, seperti suku Jawa, Sunda, Batak, Betawi, Madura, Bugis, Melayu, dan lainnya. Suku-suku tersebut lahir dari beberapa faktor tertentu sebagai penyebab keberagamannya, yakni:

  • Kondisi alam.
  • Indonesia sebagai negara kepulauan.
  • Indonesia sebagai jalur perdagangan.

Suku Terbesar di Indonesia

Berdasarkan SP 2010 BPS, berikut 7 suku terbesar di Indonesia:

1. Suku Jawa

Suku Jawa mewakili sekitar 40 persen jumlah penduduk Indonesia. Berdasarkan SP 2010 BPS, jumlah populasi suku Jawa mencapai sekitar 95 juta jiwa. Suku Jawa tersebar di Pulau Jawa, Sumatera, Kalimantan, bahkan ada yang bermigrasi ke luar negeri seperti Suriname dan Malaysia.

Suku Jawa dikelompokkan bersama suku lainnya yang ada di Pulau Jawa, seperti Suku Osing, Samin, Nagaring, Tengger, Boyan, Naga, dan suku lainnya yang mendiami Pulau Jawa.

Suku yang dikenal dengan keramahtamahannya ini berbicara menggunakan bahasa Jawa dengan sesama orang Jawa. Setiap daerah memiliki dialek bahasa Jawa yang berbeda-beda.

Suku Jawa juga dikenal kaya akan kesenian. Salah satu bentuk kesenian yang sampai saat ini masih populer dan terus dilestarikan adalah seni tari. Ada beberapa tari yang biasa dipertunjukan, yakni Tari Gambyong, Tari Serimpi, dan Tari Reog.

2. Suku Sunda

Suku Sunda menduduki posisi kedua sebagai suku terbesar di Indonesia. Dikutip dari data yang sama, jumlah suku Sunda mencapai 36.701.670 jiwa atau setara dengan 15 persen dari total penduduk di Indonesia.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...