9 Prospek Kerja Bimbingan Konseling yang Banyak Dicari

Tifani
Oleh Tifani
6 Oktober 2022, 21:03
prospek kerja bimbingan konseling
ANTARA FOTO/Idhad Zakaria/wsj.
Ilustrasi, petugas PMI Kabupaten Banyumas melakukan pendampingan dan konseling kepada pemudik yang menjalani karantina di GOR Satria Purwokerto, Banyumas, Jawa Tengah, Selasa (11/5/2021).

Jurusan Bimbingan Konseling adalah jurusan yang fokus studinya menyiapkan setiap mahasiswa untuk menjadi ahli dalam bidang konseling yang berhubungan dengan cara pembelajaran, pemahaman pendidikan, dan pemahaman terhadap peserta didik.

Dikutip dari lama masoemuniversity.ac.id prospek kerja bimbingan konseling cukup banyak. Pasalnya jurusan ini memperlajari banyak hal, sehingga dibutuhkan berbagai intansi dan lapisan masyarakat.

Mahasiswa bimbingan konseling akan dibekali oleh keahlian untuk melakukan komunikasi antar personal. Sehingga, seorang konselor mampu melakukan interaksi dengan individu lain untuk tujuan tertentu.

Seorang konselor adalah individu yang dibekali oleh disiplin keilmuan psikologi, sebab konseling merupakan salah satu cabang dari ilmu psikologi. Maka dari itu, jurusan ini akan berorientasi pada pemahaman terhadap perilaku manusia sebagai salah satu fokus kajian psikologi. Berikut sederet prospek kerja bimbingan konseling yang banyak dicari

1. Guru BK

Prospek kerja bimbingan konseling yang paling banyak diketahui orang-orang adalah menjadi guru BK. Profesi Guru BK bisa menjadi pilihan karir setelah lulus kuliah di berbagai tingkat pendidikan yang ada.

Guru BK memiliki tanggung jawab untuk memberikan pendampingan psikologis kepada para siswa yang membutuhkannya. Saat ini ada banyak lembaga pendidikan negeri maupun swasta yang mencari tenaga konseling bahkan untuk tingkat lebih rendah mulai PAUD atau TK.

Guru BK di SMA pun biasanya berperan cukup penting karena akan membantu para siswa yang akan melanjutkan ke dunia perkuliahan.

2. Konsultan atau Konselor Pendidikan

Lulusan bimbingan konseling dapat pula menjadi konsultan pendidikan. Profesi ini tentunya bergerak dalam bidang pendidikan.

Seorang konsultan pendidikan bertanggung jawab untuk memberikan arahan konsultasi bagi rencana pendidikan seorang siswa. Dengan demikian siswa dapat lebih memahami dirinya dan menemukan strategi yang tepat untuk mengembangkan kemampuannya.

Pekerjaan ini dapat dilakukan dengan praktik pribadi atau tergabung dalam Lembaga Bimbingan Belajar (LBB).

3. Staf HRD

Lulusan bimbingan dan konseling juga berpeluang untuk bekerja di perusahaan dengan menjadi staf HRD atau human resources development.

Staf HRD memiliki berbagai tugas terkait pengelolaan karyawan mulai dari rekrutmen sampai pengembangan skill. Kemampuan lulusan bimbingan dan konseling dalam psikologi akan sangat berguna di bagian HRD ini.

Halaman:
Editor: Agung
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...