Harga Pertamax dan Dex Turun, Dirut Pertamina Klaim Sesuai Keekonomian

Muhamad Fajar Riyandanu
3 Januari 2023, 13:11
harga pertamax, pertamina, harga bbm, bbm, pertamax, harga minyak
Katadata/Muhammad Fajar Riyandanu
Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati dan Menteri BUMN Erick Thohir mengumumkan harga BBM Non Subsidi Pertamax dan Dex Series di SPBU MT Haryono, Tebet, Jakarta Selatan, Selasa (3/1/2023).

Pertamina menyesuaikan harga BBM non subsidinya hari ini, Selasa (3/1). Harga Pertamax Series dan Dex Series turun Rp 1.150-2.150 per liter, dengan Dexlite turun paling besar.

Langkah Pertamina untuk menurunkan harga BBM non subsidi berangkat dari melandainya harga minyak mentah dunia. Sepanjang Desember 2022, harga minyak jenis Brent sempat turun hingga ke US$ 76,10 per barel.

Sedangkan harga minyak mentah Amerika Serikat (AS), West Texas Intermediate (WTI) menyentuh US$ 71,02 per barel. Adapun hari ini harga Brent berada di level US$ 85,70 per barel dan WTI di US$ 80,10.

Harga minyak mentah Brent yang berada di kisaran US$ 85 per barel saat ini jauh lebih rendah dari harga minyak pada awal pembentukan harga Pertamax Rp 13.900 per liter untuk wilayah Jawa-Bali pada Oktober 2022. Saat itu, harga minyak Brent berada di angka US$ 91,59 per barel.

Direktur Utama Pertamina Nicke Widyawati mengatakan bahwa harga Pertamax mulai pukul 14.00 WIB akan paralel dengan harga keekonomian atau harga wajar-nya, yakni sama-sama Rp 12.800 per liter untuk area wilayah Jawa-Bali.

Halaman:
Reporter: Muhamad Fajar Riyandanu
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...