Bawaslu Ungkap Lima Titik Kecurangan Pemilu, Siapkan Peta Kerawanan

Ira Guslina Sufa
14 April 2023, 14:10
Bawaslu
ANTARA FOTO/Galih Pradipta/rwa.
Ketua Bawaslu Rahmat Bagja (tengah) bersama anggota Bawaslu Lolly Suhenty (kanan) dan Totok Hariyono (kiri) memberikan keterangan pers terkait dugaan pelanggaran bagi-bagi amplop berlogo PDI Perjuangan kepada jamaah masjid di Kantor Bawaslu, Jakarta, Kamis (6/4/2023).

Badan Pengawas Pemilihan Umum atau Bawaslu menemukan sejumlah titik rawan kecurangan dalam penyelenggaraan pemilu 2024. Anggota Bawaslu Lolly Suhenty menjelaskan temuan itu mendorong badan pengawas menyusun indikator pemetaan kerawanan pemilu serentak 2024. 

Lolly mengatakan berdasarkan kajian awal Bawaslu terdapat lima isu strategis yang rawan dengan kecurangan. Isu itu adalah politik uang, politisasi suku, agama, ras, dan antar-golongan atau SARA, kampanye di media sosial, netralitas ASN dan penyelenggaraan pemilu di luar negeri. 

"Ini (pemetaan indikator kerawanan) sebagai antisipasi, termasuk dalam mengisi bolong-bolongnya (kekurangan) regulasi," kata Lolly seperti dikutip dari laman resmi Bawaslu, Jumat (14/4). 

Lolly menjelaskan pada pelaksanaan pemilu 2019 netralitas ASN berada dalam urutan atas pelanggaran pemilu yang terjadi. Menurut Lolly dari 1.475 dugaan pelanggaran yang terjadi pada pemilu 2019, pelanggaran akibat lemahnya netralitas ASN berada di urutan pertama. 

"Jadi pelanggaran netralitas ASN ini bukan sekadar wacana, tetapi sudah berdasarkan pengalaman fakta," ujar Lolly. 

Dia menyebut kerawanan akibat lemahnya netralitas ASN pada pemilu 2024 dapat diantisipasi dengan melakukan sosialisasi kepada para ASN. Upaya ini dinilai lebih mudah lantaran tak ada calon presiden petahana atau incumbent yang akan maju dalam pilpres. 

Selanjutnya mengenai politisasi SARA menurut Lolly akan menjadi lebih banyak disorot lantaran panjangnya masa sosialisasi yang tersedia. Sedangkan masa kampanye hanya singkat. Situasi ini menurut Lolly rentan untuk digunakan oleh sekelompok orang untuk memainkan isu politik identitas. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...