Urai Arus Balik, One Way di Tol Trans Jawa Diterapkan Mulai Siang Ini

Andi M. Arief
24 April 2023, 12:58
Arus balik
ANTARA FOTO/Yulius Satria Wijaya/nym.
Kendaraan memadati ruas Tol Jagorawi di kawasan Cibubur, Jakarta Timur, Minggu (23/4/2023).

Korlantas Kepolisian akan menerapkan rekayasa lalu lintas satu arah atau one way di Tol Trans Jawa hari ini, Senin (24/4). Rekayasa lalu lintas dimulai sejak pukul 14.00 WIB. Di saat bersamaan kepolisian juga akan akan menerapkan aturan ganjil-genap pada ruas yang sama.

Secara rinci, rekayasa one way akan dilakukan dari KM 414 Tol Cikopo-Palimanan atau Gerbang Tol Kalikangkung hingga KM 70 Tol Jakarta-Cikampek. Artinya, kendaraan yang bisa memasuki jalan bebas hambatan tersebut hanya yang mengarah ke bagian barat Pulau Jawa.

"Pembersihan jalur one way akan dimulai pukul 12.00 WIB, Senin 24 April 2023," kata Kepala Bagian Operasi (Kabagops) Korlantas Polri Kombes Pol. Eddy Djunaedi, Senin (24/4).

Eddy tidak menuliskan sampai kapan rekayasa tersebut akan berlangsung. Akun tersebut hanya mengumumkan rekayasa one way akan dilakukan sampai selesai dan sesuai dengan diskresi Kepolisian

Kepolisian menegaskan Tol Trans Jawa dari Semarang hingga Jakarta dikhususkan bagi pengemudi dengan tujuan DKI Jakarta. Selain itu, aparat penegak hukum mengimbau pada pemudik yang kembali ke Ibu Kota untuk menyesuaikan tanggal dan plat nomor kendaraan.

Di samping itu, pengemudi dilarang pindah jalur saat rekayasa one way diberlakukan. Secara umum, Tol Trans Jawa memiliki dua jalur dengan total empat lajur.

Jika ingin mendahului, Kepolisian mengimbau pengemudi tidak pindah lajur secara tiba-tiba dan tetapi mematuhi batas kecepatan, yakni antar 80 kilometer per jam hingga 100 kilometer per jam. Pada saat yang sama, pengemudi juga harus mematuhi rambu dan arahan petugas lalu lintas di lapangan.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...