Survei LSI: Prabowo Kalahkan Ganjar dan Anies di Semua Simulasi

Ade Rosman
4 Mei 2023, 12:08
Survei capres
Istimewa
Prabowo Subianto Temui mantan Wakil Presiden RI, Jusuf Kalla

Temuan terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) menunjukkan elektabilitas Ketua Umum Partai Gerindra Prabowo Subianto menempati posisi teratas. Pada survei periode April 2023 tersebut, Prabowo unggul dalam simulasi terbuka, semi-terbuka, hingga tertutup.

Survei dilakukan pada periode 12-17 April 2023. Dengan begitu hasil survei belum mencerminkan elektabilitas Ganjar setelah diusung secara resmi oleh Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan sebagai capres pada Jumat (21/3).

Dalam kategori top of mind, responden menjawab secara spontan siapa presiden yang akan dipilih jika pemilu dilakukan ketika survei tersebut berlangsung. Hasilnya Menteri Pertahanan tersebut mendapatkan posisi teratas dengan memperoleh sebanyak 18,3% suara.

Posisi kedua ditempati bakal calon presiden dari PDIP Ganjar Pranowo dengan perolehan 16,2%. Sedangkan bakal calon presiden yang diusung Partai Nasional Demokrat bersama Partai Keadilan Sejahtera dan Demokrat Anies Baswedan mengikuti di posisi ketiga dengan memperoleh 13,1%.

Direktur LSI Djayadi Hanan mengungkapkan, dari data yang didapat terlihat persaingan di antara tiga nama teratas sangat ketat.

“Kalau kita lihat perbedaan angka untuk ketiga nama, perbedannya dalam dua kali margin of error, alias ketat sekali,” kata Djayadi dalam pemaparannya, di kanal YouTube LSI, Rabu (3/5).

Dalam paparannya Djayadi menjelaskan sejak Januari hingga April 2023, Prabowo terus mengalami penguatan. Sedangkan Ganjar mengalami penurunan dari Februari hingga awal April 2023, dan menguat kembali dari awal hingga pertengahan April 2023.

Sementara Anies cenderung mengalami penguatan namun tidak setinggi yang dimiliki Prabowo. Kandidat lainnya, mendapat selisih cukup jauh dari tiga nama teratas, dan hanya mendapat suara kurang dari 5%.

Kemudian untuk simulasi 34 nama semi terbuka, Prabowo Kembali unggul dari dua kompetitor utamanya. Ia mendapat 26,5% suara, diikuti Ganjar 24,9% dan Anies 19,8%.

Pada posisi keempat dan seterusnya hanya memperoleh suara kurang dari 6%. Beberapa di antaranya yakni Ridwan Kamil di posisi keempat dengan 5,7%, Agus Harimurti Yudhoyono 2,0%, Sandiaga Uno 1,6%, Mahfud MD 1,6%, Erick Thohir 1,2%, dan Khofifah Indar Parawansa 1,0%. Beberapa nama lainnya hanya memperoleh suara di bawah 1%.

Posisi tiga besar dalam simulasi tertutup 10 nama masih menunjukkan hasil yang sama dengan simulasi lainnya. Prabowo memperoleh 28,3%, unggul tipis dari Ganjar 27,3%, lalu diikuti Anies 21,0%. Posisi empat dan seterusnya ditempati RK 7,0%, AHY 2,8%, Sandiaga 2,3%, Erick Thohir 2,1%, Puan Maharani 1,1%, Airlangga Hartarto 0,7%, dan Muhaimin Iskandar 0,5%.

Lalu simulasi 4 nama tertutup. Djayadi mengungkapkan, karena survei dilakukan sebelum penetapan Ganjar sebagai bakal calon presiden yang diusung PDIP, sehingga dalam simulasi masih mencantumkan nama Puan Maharani.

Pada simulasi tersebut, tiga teratas masih dengan komposisi yang sama yaitu Prabowo yang unggul dengan 33,1% suara, disusul Ganjar 31,8%, dan Anies 25,3%.

Kenapa Prabowo, Ganjar, dan Anies Selalu Teratas?

Djayadi mengungkapkan, tingkat kepopuleran menjadi faktor pendukung Prabowo, Anies dan Ganjar selalu menempati tiga teratas simulasi di berbagai survei bakal calon presiden. Dalam survei yang dilakukan LSI tersebut misalnya, ketiganya memiliki tingkat popularitas di atas 80%.

Halaman:
Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...