Menu-menu Olahan Chef Arnold untuk Gala Dinner Kepala Negara ASEAN

Agustiyanti
10 Mei 2023, 17:00
asean, ktt asean, ktt asean 2023, asean summit, asean summit 2023
Katadata
Hotel Ayana melakukan sejumlah persiapan untuk menjadi lokasi makan malam kepala negara dan tamu KTT ASEAN 2023 di Labuan Bajo, NTT, Selasa (2/5).

Para kepala negara  ASEAN akan menghadiri jamuan makan malam atau gala dinner di Hotel Ayana, Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur pada Rabu (10/5). Menu-menu yang dihidangkan malam ini disiapkan oleh Chef Arnold Purnomo, mencakup aneka hidangan laut dan makanan khas Labuan Bajo. 

Mengutip portal resmi pemerintah Indonesia.go.id, kekayaan hidangan Labuan Bajo akan diperkenalkan dalam santap malam para pemimpin negara ASEAN hari ini. Kota seluas 13,7 km yang terkenal dengan hewan purba Komodi ini memiliki beragam makanan lokal, mulai dari jagung bose, roti kompiang, kolo, rebok, jintan, nasi bambu, ikan kuah asam, rumpu rampe, se'i atau daging asap, sambal teri kacang, hingga kue pisang atau banana cake.

Kepala Biro Kerja Sama Teknik Luar Neger  Kementerian Sekretariat Negara Noviyanti menjelaskan aneka hidangan laut akan menjadi suguhan utama para kepala negara saat bersantap malam. Hidangan  yang disajikan akan mereprsentasikan Labuan Bajo sebagai satu dari lima Destinasi Pariwisata Super Prioritas (DPSP) Indonesia dengan keunikan sumber daya maritim seperti pantai dan pulau-pulau kecilnya.

"Hidangan laut akan diolah oleh Chef Arnold Purnomo bersama timnya," kata Noviyanti, dikutip Rabu (10/5). 

 Chef Arnold akan menyiapkan menu-menu lokal, mulai dari ikan kuah asam hingga nasi bambu dalam jamuan makan malam. "Tentu ada nuansa makanan laut (seafood) karena kita ada di daerah pesisir. Kemudian ada juga makanan khas nasi bambu dalam bentuk yang berbeda karena disesuaikan dengan cita rasa intenasional," ujar Shana. 

Nasi bambu merupakan makanan khas suku Manggarai. Sesuai namanya, nasi dimasak di dalam wadah batang bambu muda berukuran panjang 30 sentimeter serta dipanggang di atas bara api selama sekitar satu jam.

Halaman:
Reporter: Abdul Azis Said

Untuk kelima kalinya, Indonesia didapuk menjadi Keketuaan ASEAN. Situasi dunia tahun ini yang belum kondusif tentu menjadi tantangan tersendiri dalam mengemban amanah tersebut. Persaingan kekuatan besar dunia yang meruncing mesti dikelola dengan baik agar konflik terbuka dan perang baru tidak muncul, terutama di Asia Tenggara.

Keketuaan Indonesia juga diharapkan menjadi pintu bagi ASEAN untuk berperan aktif dalam perdamaian dan kemakmuran di kawasan melalui masyarakat ekonomi ASEAN. Untuk itu, Indonesia hendak memperkuat pemulihan ekonomi dan menjadikan Asia Tenggara sebagai mesin pertumbuhan dunia yang berkelanjutan.

Simak selengkapnya di https://katadata.co.id/asean-summit-2023 untuk mengetahui setiap perkembangan dan berbagai infomasi lebih lengkap mengenai KTT Asean 2023.

#KatadataAseanSummit2023 #KalauBicaraPakaiData

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...