PDIP Setor Daftar Caleg ke KPU, Mayoritas Anggota DPR Dicalonkan Lagi

Ade Rosman
11 Mei 2023, 13:17
PDIP
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/NZ
Ketua DPP PDIP Ahmad Basarah (tengah) bersama Sekjen Hasto Kristiyanto (kiri) dan politisi PDIP Adian Napitupulu (kanan) menyampaikan keterangan kepada wartawan di Kantor DPP PDIP, Cikini, Jakarta, Kamis (27/4/2023).

Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) mendaftarkan 580 nama bakal calon anggota legislatif ke KPU RI di Jakarta Pusat, Kamis (11/5). Sekretaris Jenderal PDIP Hasto Kristiyanto mengatakan dari daftar nama yang diserahkan sebanyak 128 nama yang merupakan petahana. 

"Semuanya dilakukan evaluasi, dan juga sebagian besar dicalonkan kembali, kecuali ada penugasan lain," kata Hasto di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Kamis (11/5).

Ia pun mengatakan, bakal calon legislatif perempuan yang didaftarkan berjumlah 380 orang. Jumlah ini melebihi kuota 33% seperti diatur dalam Undang-undang Nomor 7 tahun 2017 tentang Pemilu. 

Selain itu, Hasto juga mengatakan terdapat 14 calon yang berlatar belakang budayawan, seniman atau artis. Nama-nama petahana yang kembali maju yaitu Rano Karno, Rieke Diah Pitaloka, Krisdayanti, Harvey Malaiholo, dan Junico Siahaan.

Terdapat pula nama-nama publik figur yang baru maju untuk pemilu 2024 yaitu Once Mekel, Lita Zein, Marcell Siahaan, Taufik Hidayat Udjo, Denny Cagur, Tamara Geraldine, Sari Koeswoyo, Andre Hehanussa, dan Lucky Perdana.

"Jadi ada sekitar 14 dari kalangan budayawan, seniman dan juga artis yang memang terbukti memiliki kompetensi yang sangat kuat," kata Hasto.

Selain itu, calon lainnya yang diajukan PDIP berasal dari berbagai latar belakang di antaranya 73 dari akademisi, 17 orang dari purnawirawan TNI dan Polri. Hasto mengatakan Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri telah menugaskan Ketua DPP bidang Ideologi Djarot Saiful Hidayat untuk melakukan pembekalan pada seluruh calon anggota legislatif.

"Sehingga seluruh bakal calon tersebut dipersiapkan dengan sebaiknya, termasuk telah melalui psikotes," kata Hasto.

PDIP menjadi partai politik ketiga yang mendaftarkan bakal calon legislatifnya ke KPU. Hasto beserta rombongan mendatangi KPU diiringi pawai budaya, dan tiba sekitar pukul 09.45 WIB. Adapun KPU akan membuka masa pendaftaran caleg hingga Minggu 14 Mei 2023.

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...