Tak Masuk Daftar Caleg, Zulkifli Hasan Disiapkan PAN Jadi Kartu Truf

Ade Rosman
12 Mei 2023, 17:05
PAN
ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra/nym.
Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan (kedua kanan) menyampaikan pidatonya usai mengajukan berkas bakal calon anggota DPR di Gedung KPU, Jakarta, Jumat (12/5/2023).

Ketua Umum Partai Amanat Nasional Zulkifli Hasan membenarkan dirinya belum masuk daftar calon anggota Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI yang didaftarkan partainya ke Komisi Pemilihan Umum (KPU), Jumat (12/5). Meski begitu, Zulkifli mengatakan siap mendaftar bilamana dibutuhkan partainya.

"Tentatif, masih belum. Belum ada (nama Zulhas di daftar), kalau diperlukan baru turun," kata Zulkifli di Kantor KPU RI usai menyerahkan daftar caleg. 

Sekretaris Jenderal PAN Eddy Soeparno partai memang sengaja belum memasukkan Zulkifli sebagai caleg. Namun menurut dia, bila nantinya mendaftar Zulkifli akan bertarung di Dapil Jawa Tengah I.

Eddy mengatakan alasan Zulkifli maju di dapil Jawa Tengah 1 sebagai langkah untuk mengamankan kembali 8 kursi DPR RI yang hilang di sana.  PAN kata Eddy ingin mengulang sukses PAN di Jawa Tengah I pada pemilu 2014. 

"Salah satunya adalah kami taruh kartu truf kami di sana, Pak Zulhas, untuk menyemangati teman-teman yang ada di PAN," kata Eddy.

Menurut Eddy untuk mekanisme pendaftaran Zulkifli nantinya bila jadi maju sebagai calon legislatif akan diatur di internal partai. Adapun saat ini PAN telah menyerahkan 580 nama dalam daftar bakal calon anggota DPR RI. 

Zulhas mengatakan, bakal caleg yang didaftarkan telah memenuhi kuota 100 persen untuk 84 daerah pemilihan (Dapil) di 38 Provinsi dan 514 Kabupaten/Kota. Sedangkan untuk DPRD Provinsi sebanyak 301 Dapil dengan jumlah caleg 2.372 orang. Selanjutnya untuk DPRD Kabupaten/Kota di 2.325 dapil dengan caleg sebanyak 17.512 orang. 

Zulhas menyatakan PAN siap untuk menghadapi pemilu 2024 mendatang. Ia mengungkapkan, target PAN sebanyak 100 kursi DPR RI. 

Reporter: Ade Rosman
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...