PUPR Gelontorkan Dana Hampir Rp 15 Triliun untuk Benahi Jalan Rusak

Andi M. Arief
15 Mei 2023, 16:11
jalan rusak, pupr, jalan
ANTARA FOTO/Ardiansyah/aww.
Mobil dinas Presiden Joko Widodo melintas di jalan yang rusak saat meninjau jalan rusak di Kampung Rama Nirwana, Seputih raman, Lampung Tengah, Lampung, Jumat (5/5/2023).

Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) akan menggelontorkan Rp 14,9 triliun pada perbaikan jalan daerah tahap pertama. Mayoritas dana akan digunakan untuk memperbaiki Jalan Kabupaten.

Menteri PUPR Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya telah memilah jalan mana saja yang akan diperbaiki pada tahap pertama sejak Januari 2023. Perbaikan jalan pada tahap pertama akan dimulai pada Juli 2023.

"Karena banyak keluhan ke Pak Presiden saat kunjungan kerja," kata Basuki di Istana Kepresidenan, Senin (15/5).

Menurutnya, seluruh proyek perbaikan jalan daerah tersebut akan berkontrak satu tahun. Artinya, jalan yang masuk dalam daftar perbaikan tersebut akan rampung pada tahun ini.

Saat ini PUPR dan Kementerian Keuangan sedang menyiapkan Daftar Isian Pelaksanaan Anggaran atau DIPA untuk proyek perbaikan jalan daerah tersebut.
Basuki mencatat pemerintah akan menggelontorkan Rp 32,7 triliun sepanjang tahun ini. 

Basuki menjelaskan mayoritas jalan yang diperbaiki dimiliki oleh kabupaten. Alasannya: tidak semua pemerintah kabupaten/kota memiliki kapasitas untuk mengelola jalan.

"Biaya perawatan infrastruktur mahal, tidak semua kabupaten atau kota mempunyai kapasitas finansial yang lebih," kata Basuki.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...