Tiket Coldplay Diborong Calo, Sandiaga Uno: Polisi, Tindak Tegas!

Aditya Widya Putri
21 Mei 2023, 11:56
Tiket konser Coldplay dijual di Tokopedia dan Shopee
Katadata/Desy Setyowati
Tiket konser Coldplay dijual di Tokopedia dan Shopee

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno berencana menindak para calo yang mendapatkan tiket konser dengan sistem bot, serta menjual kembali tiket-tiket tersebut dengan harga fantastis.

Sebanyak lebih dari 1,5 juta orang bertarung memperebutkan tiket konser grup musik rock asal Inggris, Coldplay. Padahal tiket yang tersedia hanya sebanyak 50.000 saja.

Sesaat setelah tiket ludes terjual bermunculan calo-calo yang menjual tiket lebih tinggi dari harga resmi. Melalui video yang beredar di Twitter, para calo ini berhasil mendapat tiket lewat sistem operasi otomatis, alias bot.

Seperti tiket Coldplay yang dijual oleh situs Kick Avenue, Numbered Seating (Cat 1) dihargai Rp60 juta, selisih Rp55 juta dari harga asli Rp5 juta. Mereka juga menjual tiket Cat 2 seharga Rp50 juta dan Cat 3 Rp9,5 juta. Padahal tiket aslinya hanya seharga masing-masing Rp4 juta dan Rp3,25 juta.

Beberapa calo bahkan tak segan mengaku sebagai “orang dalam” sehingga bisa mendapat tiket dalam jumlah banyak.

Mendapat banyak keluhan soal proses pemesanan tiket dan menjamurnya calo, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno akhirnya berkoordinasi dengan aparat agar aktivitas ilegal tersebut bisa diproses secara hukum.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...