Jokowi Panggil Menteri LHK Bahas Penanganan Polusi Udara

Andi M. Arief
16 Juni 2023, 16:52
Lanskap gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Rabu (14/6).
Muhammad Zaenuddin|Katadata
Lanskap gedung bertingkat yang diselimuti asap polusi di Jakarta, Rabu (14/6).

Presiden Joko Widodo memanggil Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya Bakar ke Istana Kepresidenan, Jumat (16/6). Jokowi membahas masalah polusi udara yang makin parah terutama di Jakarta. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden Bey Machmudin mengatakan Siti melaporkan alat-alat pengawasan polusi udara yang dimiliki pemerintah. Di samping itu, Bey mencatat Kepala Negara telah menugaskan Siti untuk mempersiapkan kemarau panjang yang diproyeksi terjadi tahun ini.

"BMKG sudah memberikan prediksi bahwa pada 2023 ini akan mengalami musim kemarau yang lebih panjang dari tahun-tahun sebelumnya. Presiden minta Kementerian LHK mengantisipasi hal ini," kata Bey kepada wartawan, Jumat (16/6).

Siti mendapat instruksi untuk berkoordinasi dan bekerjasama dengan instansi terkait. Untuk diketahui, Presiden Jokowi telah mengantisipasi penanganan kemarau panjang tersebut sejak akhir 2022.

Di samping itu, Bey mengatakan Siti melaporkan persiapan pemerintah dalam menghadiri COP 28 akhir tahun ini di Uni Emirat Arab. Sebagai informasi, COP adalah konferensi perubahan iklim yang digelar oleh Persatuan Bangsa-Bangsa.

IQAir, yang memantau kualitas udara di berbagai kota dunia, mencatat kualitas udara di Jakarta sempat berada di taraf tidak sehat selama 15 hari. Dalam sebulan terakhir, buruknya kualitas udara Ibu Kota bahkan sama seperti menghisap 2,5 batang rokok per hari.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...