Top Stories: Tambang Bauksit Setop Operasi, Nuklir Pertama ke Belarus

Aryo Widhy Wicaksono
19 Juni 2023, 09:39
Foto Ilustrasi Bauksit
123RF
Foto Ilustrasi Bauksit

Presiden Joko Widodo (Jokowi) resmi melarang ekspor biji bauksit mulai 10 Juni 2023 lalu. Pemerintah mengeluarkan larangan tersebut untuk mendorong industri pengolahan dan pemurnian bauksit di dalam negeri.

Setelah kebijakan larangan ekspor biji bauksit berlaku, usaha pertambangan bauksit pun berhenti beroperasi. Sejumlah perusahaan menyimpan hasil tambang bauksit mereka di gudang penyimpanan.

Kewajiban penyetopan ekspor bauksit juga terjadi karena tak ada kemajuan pembangunan fasilitas pemurnian bauksit. Dari delapan rencana proyek pembangunan smelter, tujuh di antaranya masih berupa tanah lapang. Kondisi tersebut berimbas pada kepastian larangan ekspor bauksit sebagaimana diamanatkan Pasal 170A Undang-Undang Nomor 3 Tahun 2020 tentang Minerba atau UU Minerba.

Berita mengenai pengusaha yang menghentikan operasional pertambangan karena larangan ekspor bauksit, menjadi berita yang memiliki minat pembaca tinggi atau top stories Katadata.co.id pada akhir pekan ini.

Selain itu, simak juga artikel lainnya mengenai target tol Cimanggis-Cibitung, serta Presiden Rusia Vladimir Putin yang mengirimkan nuklir ke Belarusia.

Berikut Top Stories Katadata.co.id Senin (19/6):

1. Pengusaha Hentikan Pertambangan Bauksit Sejak Ada Larangan Ekspor

Pelaksana Harian Ketua Umum Asosiasi Pengusaha Bauksit dan Bijih Besi Indonesia atau APB3I, Ronald Sulistyanto, mengatakan pertambangan bauksit dihentikan karena empat smelter yang ada di Indonesia hanya mampu menyerap 13,9 juta ton bauksit per tahun.

Sementara kapasitas produksi pertambangan Bauksit sudah mencapai 30 juta ton per tahun. Dengan demikian, 16 juta ton produksi Bauksit tidak terserap oleh smelter.

"Sekitar 16 juta ton nganggur barangnya. Tidak bisa dijual, ditumpuk saja," kata Ronald saat dihubungi lewat sambungan telepon pada Jumat (16/6).

Ronald mengatakan, para pelaku usaha bauksit saat ini tengah memasuki masa kebuntuan. Larangan ekspor bauksit dianggap menutup seluruh manuver pelaku usaha pertambangan untuk memperoleh profit dari barang tambang tersebut. "Kalau produksi mau dijual kemana? Pasar yang sudah ada pun sudah punya rekanan," ujar Ronald.

Dia juga menilai penyetopan ekspor bauksit bertentangan dengan semangat hilirisasi mineral yang kerap dipromosikan oleh Presiden Joko Widodo. Di sisi lain, upaya pemerintah untuk mendatangkan investor baru masih minim.

Simak berita lengkap mengenai pengusaha hentikan pertambangan bauksit.

2. Vale Diminta Ajukan Harga Saham Divestasi Paling Lambat Desember 2024

Kementerian ESDM memberikan tenggat waktu kepada PT Vale Indonesia untuk mengajukan penawaran harga saham divestasi, paling lambat Desember 2024. Termin tersebut berjarak satu tahun dari kontrak karya (KK) pertambangan perusahaan yang akan berakhir pada 28 Desember 2025.

Menteri ESDM Arifin Tasrif menyampaikan bahwa sejauh ini Vale belum menyampaikan penawaran harga saham divestasinya. Sehingga proses divestasi masih mencapai titik temu. “Kalau terlambat pengajuan ya setop,” kata Arifin di Kantor Kementerian ESDM pada Jumat (16/6).

Regulasi mengenai pengajuan perpanjangan KK menjadi Izin Usaha Pertambangan Khusus atau IUPK sebagai kelanjutan operasi pertambangan paling cepat dalam jangka waktu lima tahun dan paling lambat satu tahun sebelum kontrak berakhir.

Hal tersebut diatur dalam Pasal 169B Undang-Undang (UU) Nomor 3 Tahun 2020 tentang Pertambangan Mineral dan Batu Bara (Minerba).

Baca berita lengkap mengenai Kementerian ESDM meminta Vale ajukan harga saham divestasi.

3. Tol Cimanggis-Cibitung Rampung 100% Akhir 2023, Hubungkan JORR 1 dan 2

Tol Cimanggis- Cibitung sepanjang 26,18 km ditargetkan rampung 100% pada akhir 2023. Ruas tol ini akan akan melengkapi struktur jaringan jalan di kawasan Jabodetabek, yaitu Jakarta Outer Ring Road atau JORR 1 dan JORR 2.

Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat, Basuki Hadimuljono, mengatakan pembangunan proyek tersebut bertujuan untuk meningkatkan aksesibilitas serta konektivitas jaringan infrastruktur jalan tol.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...