Jokowi Hormati Langkah Hukum KPK Periksa Mentan Syahrul Yasin Limpo

Andi M. Arief
21 Juni 2023, 12:36
jokowi, kpk, syahrul yasin
ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/tom.
Presiden Joko Widodo (tengah) berbincang dengan Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (kiri) dan Kepala BPS Margo Yuwono saat Pencanangan Pelaksanaan Sensus Pertanian Tahun 2023 di Istana Negara, Senin (15/5/2023).

Presiden Joko Widodo meminta agar semua pihak menghormati proses hukum pada kasus dugaan korupsi di Kementerian Pertanian. Walau demikian, Jokowi tidak menjawab apakah telah mendapatkan laporan terkait proses penyelidikan kasus tersebut.

Seperti diketahui, salah satu pejabat negara yang diperiksa oleh penegak hukum adalah Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo. Jokowi minta Syahrul menghormati proses hukum yang ada.

"Hormati proses hukum yang ada," kata Jokowi dalam saluran resmi Sekretariat Presiden, Rabu (21/6).

Sebelumnya, Syahrul menyatakan akan kooperatif terkait proses pengusutan dugaan korupsi oleh Komisi Pemberantasan Korupsi. 

"Saya sudah diperiksa secara profesional. Saya akan kooperatif, kapanpun dibutuhkan saya siap hadir," kata Syahrul usai menjalani pemeriksaan di KPK, Senin (19/6).

Mentan beri keterangan terkait dugaan korupsi di Kementan
Mentan beri keterangan terkait dugaan korupsi di Kementan (ANTARA FOTO/Reno Esnir/tom.)

Syahrul tiba di gedung lama Kantor KPK setelah sebelumnya tidak hadir ketika dipanggil pada Jumat (16/6) lalu. Meski demikian, ia irit bicara ketika ditanya apa saja yang ditanyakan oleh KPK dalam pemeriksaan tersebut.

KPK tengah membuka penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementan. Syahrul disebut-sebut diperiksa dalam perkara SPJ fiktif, suap dan gratifikasi di lingkungan Kementan.

Walau demikian, Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri belum mau berkomentar banyak soal kelanjutan kasus. Ali Fikri hanya membenarkan bahwa KPK tengah membuka penyelidikan dugaan tindak pidana korupsi di Kementan.

“Karena masih pada proses penyelidikan tentu tidak bisa kami sampaikan lebih lanjut,” kata Ali.

Reporter: Andi M. Arief
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...