Top Stories: Fakta Bandara Kertajati, Afsun Geopark UNESCO di Sulawesi

Aryo Widhy Wicaksono
14 Juli 2023, 12:02
Presiden Joko Widodo (dua kanan) meninjau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).
ANTARA FOTO/Dedhez Anggara/nym.
Presiden Joko Widodo (dua kanan) meninjau Bandara Kertajati, Majalengka, Jawa Barat, Selasa (11/7/2023).

Presiden Joko Widodo (Jokowi) memastikan Bandara Internasional Jawa Barat atau BIJB Kertajati, dapat mulai beroperasi penuh pada Oktober 2023. Hal ini akan membuat penerbangan komersial ke arah Bandara Husein Sastranegara, Bandung, akan beralih ke bandara tersebut.

Setelah berkeliling selama 30 menit, Jokowi mengapresiasi aktivitas BIJB Kertajati. Presiden menilai kinerja bandara ini sudah sangat baik.

Presiden juga mengapresiasi minat investor dari beberapa negara yang akan berinvestasi di Bandara Kertajati. Presiden mengatakan, pemerintah akan segera memutuskan dan mempercepat proses investasi para investor tersebut.

Berita mengenai Bandara Kertajati menjadi artikel yang memiliki minat baca tinggi atau Top Stories Katadata.co.id. Selain itu, simak juga artikel mengenai sisi lain dari mahalnya biaya kuliah di Indonesia, serta kekhawatiran terhadap Project S Tiktok.

Berikut Top Stories Katadata.co.id:

1. Lima Fakta Bandara Kertajati, Bakal Jadi Pengganti Husein Sastranegara

Saat meninjau Bandara Kertajati, Presiden Joko Widodo mengapresiasi peningkatan aktivitas penerbangan di Bandara Kertajati. Bandara Kertajati bahkan telah melayani sekitar 8.000 jemaah haji dari tujuh kabupaten/kota di Provinsi Jawa Barat.

"Nantinya dimulai bulan Oktober Bandara ini akan beroperasi secara penuh. artinya dari Bandara Husein Sastranegara akan digeser ke Kertajati utamanya untuk yang pesawat jet," kata Joko Widodo, dikutip dari keterangan pers Kementerian Perhubungan, Rabu (12/7).

Selain untuk embarkasi haji, bandara terbesar di Provinsi Jawa Barat ini juga telah melayani sejumlah penerbangan internasional. Di antaranya penerbangan umrah empat kali seminggu dan penerbangan rute Kuala Lumpur-Kertajati sebanyak dua kali seminggu.

Bandara Kertajati memiliki luas 1.800 hektare dan memiliki kapasitas 11 juta penumpang. Luas tersebut menempatkan bandara ini menempati posisi kedua terbesar di Indonesia, setelah Bandara Soekarno-Hatta.

Simak artikel lengkap mengenai lima fakta Bandara Kertajati.

2. Tingginya UKT Mahasiswa, Gunung Es Buruknya Manajemen Pendidikan

Senang bercampur bingung, itu yang dirasakan Krisna Ramadhan akhir Juni lalu. Laki-laki berusia 20 tahun itu diterima sebagai mahasiswa baru jurusan Pendidikan Seni Rupa, Universitas Sebelas Maret.

Namun, semua berubah menjadi mimpi buruk, kampusnya memutuskan uang kuliah Krisna di golongan III dengan nilai Rp 4.275.000 per semester. Uang kuliah tunggal (UKT) yang harus ia bayar sangat mahal, dan hanya punya waktu seminggu untuk melunasinya.

Krisna tidak sendiri. Ratusan mahasiswa baru Universitas Indonesia (UI) memprotes besaran UKT yang dinilai terlalu tinggi.

Sejauh ini, memang belum ada transparansi metode penghitungan UKT mahasiswa di masing-masing PTN. Namun, ada beleid yang mengatur soal tersebut, yaitu Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 25 Tahun 2020.

Simak lebih banyak telaah mengenai biaya tinggi UKT mahasiswa menjadi gunung es buruknya manajemen pendidikan.

3. Ancam Produk UMKM, Kemendag Diminta Tegas Atur Project S Tiktok

Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki, mulai mengkhawatirkan agresivitas berbagai platform social commerce, yang terus memperbesar pangsa pasarnya di Indonesia. Salah satu yang menjadi perhatiannya belakangan ini adalah Project S yang dirilis Tiktok.

“Untuk menghadirkan keadilan bagi UMKM di pasar e-commerce, Kemendag perlu segera merevisi Permendag Nomor 50 Tahun 2020. Aturan ini nampaknya macet di Kementerian Perdagangan," kata Teten, dalam keterangan tertulis, Rabu (12/7).

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...